Dhamasraya, mediaterobos.com –  Sangat patut dicontoh Aksi para siswa SMA dalam merayakan kelulusannya di Kabupaten Dhamasraya. 
Sebanyak 154 siswa merayakan kelulusan dengan melakukan aksi sosial membagikan susu kedelai ke panti asuhan dan pengendara yang melintas di dekat mereka.

"Aksi sosial tersebut dilakukan secara spontan oleh siswa, tentu kami apresiasi," kata Kepala Sekolah SMA 2 Pulau Punjung Des Herlina didampingi Wakil Humas Agnes Riski Herman, di Pulau Punjung, Kamis.

Ia mengatakan dalam aksi sosial siswa membagikan sekitar 100 susu kedelai kepada pengendara tepatnya di Jalan Lintas Sumatera Kilometer 1 Pulau Punjung. Kemudian, lanjutnya menyatuni anak yatim senilai Rp500 ribu, serta menyumbangkan seragam mereka kepada adik-adik SMA 2 Pulau Punjung.

Ia mengatakan uang untuk pembelian susu dan santuni anak yatim berasal dari donasi para siswa dan orang tua yang jumlahnya mencapai Rp1 juta.

"Jadi saat menggalang dana secara spontan selain siswa orang tua juga ikut menyumbang, karena saat pengumuman kelulusan kami mengundang wali murid," ujarnya.

Ia menambahkan siswa SMA 2 Pulau Punjung lulus 100 persen setelah pengumuman kelulusan. Hal tersebut disambut bahagia oleh para siswa sehingga sebagai bentuk syukur mereka menggelar aksi sosial.
 
Aksi tersebut bisa dicontoh oleh daerah lain supaya tidak merayakan kelulusan dengan ugal-galan dan konvoi. Sebab betapa banyak siswa yang mendapat celaka dan ada yang meninggal dunia akibat ugal-ugalan dan konvoi dijalan.

Hal yang sama juga disampaikan Toko Masyarakat Pulau Punjung, Mualimin Jba mengapresiasi kegiatan tersbut dan mengharapkan sekolah-sekolah lain meniru kegiatan itu. 3/5
 
Top