Sumbar,Selama 54 tahun Dharma Pertiwi sebagai organisasi istri Prajurit TNI telah banyak berkiprah dalam upaya membangun bangsa dan negara. Insya Allah, Dharma Pertiwi akan menjadi organisasi yang semakin matang dan mampu memberikan dukungan positif dalam pencapaian tugas pokok TNI yang merupakan representasi negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negaranya.

Hal tersebut dikatakan Ketua Dharma Pertiwi Koorcab Sumatera Barat Daerah - A Ny. Nurleli Mirza Agus, yang membaca amanat Ketua umum Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto pada puncak acara Hari Ulang Tahun ke-54 Dharma Pertiwi di Ruang Crew Room, Lanud Sutan Sjahrir Kamis (26/4).

HUT ke-54 Dharma Pertiwi tahun 2018 mengangkat Tema “Dharma Pertiwi Bertekad Mengedepankan Kepedulian Sosial, Pendidikan Anggota Yang Berkualitas Serta Kesejahteraan Keluarga Prajurit, Guna Menciptakan Ketahanan Keluarga Sebagai Landasan Ketahanan Bangsa”

Dharma Pertiwi beserta unsur unsur nya bukanlah organisasi Pilitik,  tetapi Murni organisasi  kemasyarakatan yang bebas dari politik,  jangan membuat pernyataan atau aktifitas politik atas nama dharma pertiwi. Dharma pertiwi Netral dalam kegiatan politik praktis. Tegas nya Ketua umum yang di sampaikan Ketua Dharma pertiwi Koorcad Sumbar daerah - A.

"Pada usia yang semakin dewasa dan mandiri ini merupakan masa yang tepat untuk mempererat persatuan  dan persaudaraan di antara para anggotanya.  

Ny. Nurleli Mirza Agus menyampaikan, Dharma Pertiwi sebagai organisasi yang menjadi wadah bagi para istri prajurit TNI dan merupakan gabungan dari masing-masing unsurnya, maka menjadi sangat penting pula untuk saling bantu, saling dukung dan meningkatkan rasa persaudaraan.

 "Mari kita terus mempererat tali silaturahmi sesama anggota Dharma Pertiwi dan masyarakat guna mewujudkan rasa persatuan dan kesatuan serta kebhinekaan," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Ny. Nurleli Mirza agus “Dengan semua pengorbanan itu, seorang ibu tidak pernah meminta pengakuan, gelar atau balas kasih dari putra-putrinya. Sudah merupakan kebahagiaan yang tiada tara melihat putra putrinya mampu berjalan, berlari dan mengarungi kehidupannya. Inilah yang merupakan esensi dari ibu sebagai pahlawan sejati,”

Lebih jauh Ketua Darma pertiwi Koorcab Sumbar daerah - A dalam Amanat Ketua Umum Dharma Pertiwi menuturkan bahwa kaum ibu sesungguhnya pahlawan sejati bagi anak-anaknya. Karena seorang ibu berjuang dengan penuh pengorbanan, risiko dalam melahirkan, membesarkan, melindungi dan mendidik putra putrinya dengan segenap kasih sayang, agar putra putrinya menjadi generasi penerus dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal ini mencerminkan kebulatan tekat segenap keluarga besar Dharma Pertiwi untuk senantiasa sekuat tenaga dan daya membangun kebersamaan dan kekeluargaan yang dilakukan secara ikhlas melalui berbagai bidang kegiatan baik kegiatan dibidang sosial, kemajuan pendidikan dan meningkatkan kualitas keluarga prajurit TNI maupun lingkungannya".tuturny.

Mendahului acara puncak perayaan HUT Ke-54 Dharma Pertiwi ini telah dilaksanakan beberapa kegiatan yaitu Ceramah Tentang Tanaman Organik, Perubahan Disruption, Ceramah dan Pelaksanaan Deteksi Dini Kanker Serviks Melalui IVA Test, Ceramah dan Sosialisasi Anti Narkoba, Parenting Paud, Pembekalan Berbagai Keterampilan, Bakti Sosial Kesehatan (sunatan Masal, Operasi Katarak, Operasi Bibir Sumbing, Pembagian Kaki Palsu, Pembagian Kursi Roda, Pembagian Kacamata Baca, Pembagian Sembako, Pemeriksaan Gigi), Pertandingan Bola Voli dan Olah Raga Bersama, Lomba Tari Pergaulan Tobelo dan Lomba Vocal Tunggal Idol yang dilaksanakan di berbagai daerah.

Disamping itu dalam kata sambutan Pembina Dharma Pertiwi yang di Bacakan Oleh Kasiter Korem 032/Wbr  Kolonel Inf Asep Apandi mengatakan,  "pengabdian organisasi dharma pertiwi yang selama ini tampa pamrih telah memberikan sumbangan yang sangat bermanfaat bagi anggota dan keluarga, baik dlm kehudupan rumah tangga maupun dalam pergaulan sosial dengan masyarakat. 

Dalam kontek ini, Ungkapnya kasiter, "ibu ibu harus mampu berperan secara optimal dalam dua posisi baik sebagai anggota,  pengurus organisasi dharma pertiwi  maupun sebagai ibu rumah tangga.

Acara puncak perayaan HUT ke-54 Dharma Pertiwi tersebut dihadiri oleh Ny. Nurleli Mirza Agus selaku Ketua Dharma Pertiwi Koorcab Sumatera Barat daerah "A", Pembina Harian Dharma Pertiwi Koorcab Sumatera Barat Daerah "A" Kol inf Asep Afandi,  S. IP., M. Si,. , Pembina Koorcab II daerah Jalasenastri Armada Barat, Pembina Pia Ardhya garini cabang 14/D.I Lanud Sjutan Syahrir, Pembina IKKT Pragati wira Anggini Sumatera Barat,  Wakil Ketua Dharma pertiwi Koorcab Sumatera Barat Daerah "A", Wakil Ketua Persit KCK Koorcab rem 032 PD. I/BB, Pengurus Dharma Pertiwi Koorcab Sumatera Barat Daerah "A", dan tamu Undangan. 

(Penrem 032/Wbr).
 
Top