Padang Panjang, mediaterobos.com –Pemerintah Kota melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinas Kominfo) Padang Panjang mengadakan Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Sosialisasi KIM ditujukan untuk Kelurahan se-Kota Padang Panjang. Sebelumnya Sosialisasi KIM telah dilaksanakan di Kelurahan Sigando dan Kelurahan Ganting, dan hari ini, Rabu (18/4) sosialisasi dilaksanakan di Kelurahan Koto Katiak dan Kelurahan Guguak Malintang (Gumala).

Acara yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Marwilis, SH, M.Si didampingi oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Indrayadi, SE bersama Kasi Pengelolaan Informasi Publik Zulmadri, S.Sos serta Lurah Koto Katiak M. Rianis, SE dan Lurah Gumala yang diwakili Sekretaris Lurah Yhasnida bersama Ketua LPM Gumala Delfian dan juga mendatangkan narasumber dari Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat Indra Sukma, S.Kom.

Marwilis mengatakan KIM berfungsi sebagai mediator komunikasi dan informasi dari pemerintah kepada masyarakat dan sebaliknya serta sebagai penerima dan penyebar informasi yang berinteraksi langsung dengan masyarakat. "Kita mengharapkan melalui KIM masyarakat Kota Padang Panjang bisa semakin mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki dengan mengandalkan media internet,” jelas Marwilis.

Sebanyak 60 peserta dari dua Kelurahan merupakan perwakilan dari Rukun Tetangga (RT), Karang Taruna, LPM, serta kelompok tani. KIM sendiri berarti suatu kelompok yang dibentuk oleh masyarakat dari masyarakat dan untuk masyarakat, agar terciptanya masyarakat yang mandiri, dan kreatif memberdayaan masyarakat dalam meningkatkan daya tambah. "Dengan adanya KIM ini, diharapkan dapat kiranya memberi pengaruh pada ekonomi masyarakat kita, serta terwujudnya masyarakat yang inovatif," tutur Marwilis.

Sejalan dengan itu, Indrayadi memaparkan ada beberapa KIM yang bisa dibentuk diantaranya Bidang Seni dan Budaya Usaha Ekonomi, Wisata, dan Kelompok Tani/ ternak. KIM mempunyai peranan sendiri jika terbentuk yakni sebagai fasilitator bagi masyarakat, sebagai mitra pemerintah daerah, sebagai penyerap dan penyalur anspirasi masyrakat, sebagai pelancar arus informasi, serta sebagai terminal informasi bagi masyarakat di Kelurahan. "Kita berharap dengan adanya KIM ini dapat memberikan nilai positif, dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, mari kita jadikan KIM ini sebagai wadah saling memberi dan menyebarkan informasi agar dapat memilah mana informasi yang benar dan hoax," tutup Indrayadi. ….. (Pul/Gito)
 
Top