Padang Panjang, Terobos – Antusias ratusan masyarakat Kota Padang Panjang padati Jl.Sudirman Padang Panjang dalam mengikuti senam massal di hari car free day yang diadakan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup, Minggu (4/3).

Car free day yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dan Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS). Beberapa kegiatan dilakukan dalam acara car free day diantaranya senam massal, lomba tiga kemas sampah, dan pameran sampah daur ulang.

Hadir dalam acara tersebut Plt. Sekretaris Daerah Kota Padang Panjang Indra Gusnady, SE. M.Si yang membuka langsung acara car free day, Forkopimda, Kepala OPD se-Kota Padang Panjang pelajar sekolah mulai dari tingkat SD sampai SMA serta masyarakat Kota Padang Panjang.

Indra Gusnady menyampaikan Padang Panjang dikenal sebagai Kota yang bersih, upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat dengan adanya kegiatan peduli sampah. "Dengan memperingati HPSN ini kami menghimbau kepada masyarakat untuk dapat berpartisipasi peduli akan sampah, karena satu sampah saja merupakan sejuta penyakit yang ada didalamnya," ungkap Indra Gusnady.

Tidak semua sampah itu harus dibuang, ada juga sampah yang bisa mengasilkan uang, seperti botol air yang dapat di daur ulang yang dijadikan prakarya yang mempunyai nilai jual, kotak sabun, plastik minuman yang bisa dibuatkan aneka prakarya.

Indra Gusnady menambahkan himbauan untuk seluruh masyarakat "Jangan ada sampah yang bertebaran lagi" buang dan pilahlah sampah sesuai dengan jenisnya. "Mari kita jadikan Padang Panjang Kota yang bersih akan sampah, serta manfaatkan sampah yang bisa menjadi nilai jual," Indra Gusnady menyudahi.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Wita Desi Susanti,ST mengatakan car free day merupakan agenda tahunan dari Pemerintah Padang Panjang. Melalui car free day ini diharapkan dapat menghibur serta mengajak masyarakat hidup sehat. "Semoga dengan acara seperti ini kita dapat menjalin keakraban dengan masyarakat dan juga kerjasama yang saling menguntungkan seperti memilah sampah sesuai dengan jenisnya," jelas Wita.

Seperti yang telah disampaikan setelah melaksanakan senam massal selanjutnya dilaksanakan lomba tiga kemas sampah dan pameran sampah daur ulang yang diikuti peserta dari Sekolah Dasar se Kota Padang Panjang. Lomba tiga kemas sampah berupa rangkaian kegiatan memilah sampah sesuai dengan jenis sampah, mewarnai tempat sampah sesuai peruntukannya yang dsusun seperti puzzel serta membuat prakarya dari sisa sampah yang tidak terpakai. "Peserta yang mengikuti lomba tersebut utusan dari masing - masing Sekolah sebanyak lima orang peserta," ungkapnya.

Acara juga dimeriahkan dengan Doorprice yang merupakan partisipasi dari seluruh OPD se-Kota Padang Panjang. (Pul)
 
Top