Limapuluh Kota,Terobos-Bupati Limapuluh Kota H Irfendi Arbi dan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno meresmikan SMP Islam Terpadu (IT) Nurul Ilmi di Jorong Koto Kociak Kenagarian VII Koto Talago, Kecamatan Guguak, Sabtu (2/12) kemarin.

“Bupati Irfendi Arbi adalah seorang pemimpin yang peduli dengan pendidikan. Tak heran, cukup banyak sekolah di daerah ini, termasuk kehadiran sekolah baru SMP IT Nurul Ilmi ini,” ungkap gubernur dalam sambutannya.

Selain itu gubernur juga mengakui, Irfendi seorang bupati yang telah banyak mendulang prestasi dalam berbagai bidang. Kebolehan terbaru berupa penghargaan Swastisaba Kabupaten Sehat tahun 2017.

“Selain peduli dengan pendidikan, Bupati Irfendi juga banyak meraih penghargaan di tingkat nasional. Kita mengapresiasi berbagai kebolehan yang ditunjukan bupati itu,” kata gubernur melalui bahasa pantun.

Ikut hadir dalam acara tersebut Ketua PKK Provinsi Sumatera Barat Nevy Irwan Prayitno, anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, unsur Forkopimda, kepala OPD dan para tokoh masyarakat.

Pada kesempatan itu Irwan juga mengapresiasi pembina yayasan Hj Yulidar yang mau mewakafkan hartanya untuk membangun SMP IT tersebut. Begitu juga SMP Islam Terpadu Nurul Ilmi menurut gubernur sangat patut mendapatkan acungan jempol. Meski baru berdiri, tapi sudah bisa melahirkan hafiz dan hafizah Al Quran.

“Kita juga mengapresiasi SMP IT Nurul Ilmi yang baru berdiri namun sudah melahirkan siswa yang yang hafiz dan hafizah Al Quran. Kita berharap, sekolah ini menjadi contoh bagi sekolah lain dalam proses belajar dan mengajarnya,” papar gubernur.

Lebih lanjut gubernur mengingatkan agar pihak sekolah lebih peka dengan kondisi perkembangan teknologi informasi dewasa ini. Sebab, masalah informasi dan teknologi (IT) itu merupakan sesuatu yang sangat penting. Jangan sampai siswa tidak melek IT dalam kemajuan zaman saat ini.

“Meski sekolahnya berada jauh dari perkotaan, namun jangan sampai siswanya tertinggal dalam hal informasi teknologi,” ingat gubernur.

Sebelumnya Bupati Irfendi Arbi dalam sambutannya juga memuji kepedulian Gubernur Irwan Prayitno terhadap dunia pendidikan. Selain itu gubernur juga banyak menorehkan prestasi gemilang dan menjadikan Sumatera Barat semakin berkibar di kancah nasional dan internasional.

“Saya melihat Gubernur orang sangat peduli dan perhatian dengan pendidikan. Bahkan beliau juga memiliki sekolah. Lebih menggembirakannya, Gubernur Irwan Prayitno sangat banyak meraih prestasi,” ujar Irfendi.

Begitu juga dengan Ny Nevy Irwan Prayitno. Menurut Irfendi, Ketua PKK Provinsi Sumbar itu sangat banyak memberikan kontribusi bagi Kabupaten Limapuluh Kota terutama UKM, termasuk pembinaan terhadap Songket Kubang dan UKM Tom Burger.

“Kami sangat berterimakasih kepada ibu Nevy Irwan Pratyitno yang telah menunjukan kepedulian dan memberikan perhatian besar terhadap UKM di daerah ini. Kami tahu, selama ini ibu Nevy senantiasa aktif membawa dan mempromosikan Songket Kubang keluar Sumbar,” ujar Irfendi.

Menjawab wartawan usai acara, lebih lanjut Irfendi berharap, kehadiran SMP IT Nurul Ilmi ini bisa menciptakan siswa yang mampu menghadapi kehidupan globalisasi dengan pengayaan spiritual. Selain itu menghasilkan lulusan yang berkualitas, berakhlak dan berdaya saing.

“Kita optimis sekolah IT ini akan memainkan perannya dalam mempersiapkan generasi yang mampu menghadapi era penuh tantangan dan menghasilkan genersi yang cerdas dan bertakwa, serta berdaya saing,” tutur Irfendi.

Dikatakan Irfendi, Pemkab Limapuluh Kota mendukung keberadaan sekolah IT di daerah ini. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah menghadirkan sekolah Islam tersebut, termasuk pihak yayasan yang telah mewakafkan hartanya buat sekolah tersebut. (yon)


 
Top