mediaterobos.com, Solsel- Upacara kenaikan bendera pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tingkat Kabupaten Solok Selatan berlangsung khidmat di halaman kantor bupati, Senin 17/8/20, 

Upacara yang diselenggarakan secara sederhana dengan peserta upacara terbatas tersebut dilaksanakan di halaman kantor bupati. Bertindak selaku inspektur upacara, Kapolres Solsel AKBP Tedy Purnanto, S.Ik.

Hadir dalam upacara tersebut Kajari Solsel M.Bardan, Sekdakab Yulian Efi, Plt. Ketua TP-PKK Ny. Ayu Abdul Rahman, Danramil Sungai Pagu, Para Asisten dan Kepala OPD, Kepala Kemenag, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Muara Labuh, Kepala Badan Pertanahan Nasional dan Ketua Bundo Kanduang.

Kabag Humas Solok Selatan Firdaus Firman mengatakan bahwa sesuai arahan dari Sekretariat Negara (Setneg), Kemendagri, dan juga Pemprov, pelaksanaan upacara di masa pandemi Covid ini dilaksanakan secara sederhana dan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. 

Upacara diikuti oleh TNI, Polri, dan ASN dengan jumlah sekitar 50 orang. Upacara berlangsung khidmat dan diwajibkan untuk menggunakan masker. Penggerek bendera dilaksanakan oleh 3 orang petugas saja, tanpa adanya pasukan paskibra.

Seusai upacara kenaikan bendera, dilanjutkan dengan kegiatan mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi yang disiarkan langsung dari Istana Negara. Kegiatan secara virtual ini juga diikuti oleh kecamatan-kecamatan yang ada di Solsel.

"Secara keseluruhan, Alhamdulillah pelaksanaan upacara berjalan baik dan khidmat," jelasnya.

Dalam peringatan detik-detik proklamasi ini, turut hadir Ketua Komisi II DPRD Solsel Afrizal Candra.

Ia menambahkan bahwa untuk upacara pada HUT RI tahun ini, Drum band dari SMPN 25 Solok Selatan (Dusun Tangah) dipercaya untuk menjalankan tugasnya sebagai pengiring musik upacara serta lagu-lagu perjuangan.

Drum band binaan Pemerintah Nagari Dusun Tangah Kec. Sangir Batang Hari, yang berkolaborasi dengan SMPN 25 Solok Selatan ini, dilatih langsung oleh dua orang pensiunan TNI-AD Korem 032 Wirabraja yang ketika aktifnya tergabung di dalam Korps Musik (Korsik) di kesatuan tempat mereka bertugas serta 1 orang dari Dishub Pemprov Sumbar.

"Penampilan drum band SMPN 25 Solsel tersebut tampil baik dan diapresiasi undangan yang hadir," terang Firdaus.

Wali Nagari Dusun Tangah Radiman Sigintir mengatakan bahwa kenagariannya mendukung penuh ektrakurikuler drum band SMPN 25 yang berada di nagari tersebut.

Hal ini menurutnya telah berlangsung selama 4 tahun terakhir sebagai wujud dukungan riil kepada anak-anak nagari dalam mengembangkan potensi dan minat mereka di bidang tersebut. Hal ini juga sebagai bentuk dukungan, agar para pelajar tertarik untuk bersekolah di SMPN 25 yang berada di nagari Dusun Tangah tersebut

Selanjutnya untuk Petugas penggerek bendera ditunjuk dari paskibra tahun 2019 kemarin, yakni Farid Farida Putra (MAN 1 Solsel), Aida Restu Hidayah (MAN 1 Solsel), dan M. Zama Al-Fariz (SMAN 5 Solsel).

Bertindak selaku Perwira Upacara Kasat Lantas Polres Solsel AKP Dwi Yulianto, dan Komandan Upacara Kanit Regident Satlantas Polres Ipda Dedi S.Putra. Sedangkan pembacaan teks pembukaan UUD 1945, dilaksanakan oleh Sekretaris DPRD Mardiana, dan pembacaan doa oleh Kepala Kemenag Syamsuir.(humas/men)

NASIONAL

 
Top