mediaterobos.com, Solsel- Plt Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman memberikan arahannya kepada para pelajar dan mahasiswa yang tergabung kedalam Gerakan Peduli Pendidikan Solok Selatan (GPP-SS). Arahan ini, disampaikannya saat menerima audiensi para pengurus di ruangan kerjanya di Padang Aro, Selasa (4/8/2020).


Menurut Abdul Rahman, keberadaan organisasi sosial pendidikan seperti GPP-SS tentu akan sangat membantu tugas-tugas pemerintah. Terutama di bidang sosial pendidikan.


"Pemerintah tentu memiliki keterbatasan, dan untuk itu butuh dukungan semua pihak. Maka kehadiran organisasi seperti ini tentu akan sangat membantu dan akan menjadi mitra strategis bagi pemerintah di bidang pendidikan," ujarnya.


Kepada para pengurus, Plt Bupati berpesan agar dalam beraktifitas tetap mengutamakan persatuan dan kesatuan khususnya di Kabupaten Solok Selatan. Tanpa harus membedakan satu daerah dengan daerah lainnya.


"Sekarang kita harus bicara Solok Selatan, dan bukan lagi wilayah Muara Labuh dan Sangir. Persatuan ini menjadi kunci kita untuk lebih maju lagi. Ini adalah kabupaten kita, yang perlu kita rawat terus persatuannya," pesan Rahman yang juga pernah menjadi Ketua Senat Fakultas Hukum Unand dan pengurus senat fakultas hukum se-Indonesia tersebut.


Abdul Rahman juga menyampaikan pesan, agar para aktifis organisasi untuk tidak melalaikan aktifitas pendidikan masing-masing. "Silahkan berorganisasi, namun jangan sampai melupakan pendidikan masing-masing," katanya.


Kemudian, GPP-SS menurutnya harus menjalin hubungan baik dengan berbagai pihak, termasuk dengan pihak pemerintah daerah dan OPD terkait. Namun, ia mengingatkan agar kedekatan tersebut jangan sampai mengurangi independensi sebuah organisasi.


"Jadi, sebuah oganisasi itu haruslah bersifat independen, agar bisa terus memberikan masukan, kritikan, dan hal lainnya secara lebih nyata tanpa terkooptasi dengan kepentingan-kepentingan lain," jelasnya.


Sementara itu, kedatangan GPP-SS yang dipimpin Roy Ekanala (Ketua Media dan IT) mengatakan bahwa saat ini GPP-SS yang diketuai Romi Putra Hasan mempunyai anggota sebanyak 50 orang dari berbagai kecamatan yang ada, yang terdiri dari unsur pelajar, mahasiswa, dan pemuda yang peduli dengan pendidikan.


Organisasinya tersebut mempunyai tujuan untuk menyampaikan aspirasi remaja di Solok Selatan supaya kedepannya lebih mempedulikan pendidikan. Serta, bagaimana agar kualitas pendidikan di Solok Selatan kedepannya lebih baik, dengan melakukan berbagai aksi nyata.


"Termasuk juga upaya memberikan masukan kepada pemerintah terutama terkait masalah pendidikan," terang Roy yang juga berstatus mahasiswa UNP tersebut.


Roy juga menyampaikan terima kasihnya kepada Plt. Bupati Solok Selatan, yang telah bersedia menjadi pelindung organisasi serta turut membantu sejumlah dana untuk proses pendirian organisasi di Notaris nantinya. (rls)

 
Top