mediaterobos.com, Solsel- Yuli Asnita seorang Tenaga Harian Lepas (THL) Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) pada Dinas Perranian Solok Selatan, berhasil meraih juara 1 sebagai penyuluh pertanian teladan tingkat Provinsi Sumatera Barat. Dengan demikian, dirinya akan mewakili Sumbar dalam penilaian penyuluh pertanian teladan tingkat nasional.


Penghargaan diberikan langsung oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Sumbar, Syafrizal kepada Yuli Asnita. Pada peringatan HUT RI ke 75, Senin (17/8/20). Di Dinas Pertanian Propinsi Sumbar. Atas prestasinya itu, Yuli Asnita mendapatkan Penghargaan dan hadiah sebesar Rp 10 Juta.


Kepala Dinas Pertanian Solok Selatan, melalui Kepala Bidang Penyuluhan, Vera Septaria mengatakan, prestasi yang diraih Yuli Asnita tersebut sangatlah membanggakan. Ia berhasil, menorehkan nama kabupatrn ini dan mengalahkan penyuluh-penyuluh THL lain dari berbagai Kabupaten dan kota di Sumbar.


"Bahkan saat ini Yuli masuk kedalam nominasi Penyuluh Pertanian THL teladan tingkat nasional yang saat ini sedang dalam penilaian," terangnya.


Untuk mendapatkan juara tersebut, Yuli telah melalui penilaian langsung oleh tim penilai, baik tingkat kabupaten maupun tingkat Propinsi Sumbar. Beberapa karya dan inovasi, menurut Vera telah digarap dan dihasilkan Yuli. Diantaranya pemurnian varietas padi Simauang, agar nantinya dapat disertifikasi dan dijadikan varietas unggul lokal Solok Selatan.


Kemudian Yuli yang telah menjadi THL semenjak 2008 silam (12 thn) tersebut, juga melakukan inovasi caplak. Alat untuk membuat pola garis tanaman padi. "Tadinya alat ini sulit digunakan petani karena berat. Namun dengan inovasi yang dilakukan, Yuli membuat caplak menjadi lebih ringan dan dan lebih mudah untuk digunakan," terang Vera.


Yuli yang saat ini sehari-hari bertugas di Wilayah Kerja Penyuluh Pertanian (WKPP) Nagari Pasir Talang Selatan Kecamatan Sungai Pagu, juga aktif dalam membina berbagai kelompok-kelompok tani.


Vera menambahkan, prestasi yang telah diraih Yuli menambah deratan prestasi-prestasi lain yang dicapai bidang pertanian di Solok Selatan, pada tahun 2019 silam, Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) Cimpago di Kecamatan KPGD berhasil meraih Juara I tingkat propinsi. Tahun 2018 KEP Tunas Harapan Kecamatan Pauh Duo meraih Juara II. Pada Tahun 2017, penyuluh PNS Solok Selatan. Joni Pardilo meraih Juara II tingkat Propinsi Sumbar. Serta berbagai prestasi lainnya.


Sementara itu, Yuli Asnita menyampaikan rasa syukurnya atas raihan yang telah dicapai. Menurutnya, raihan tersebut tidak terlepas atas dukungan dari berbagai pihak. "Mohon doanya, semoga bisa terus melaju di tingkat nasional nantinya," ucapnya. (rls)

 
Top