mediaterobos.com, Solsel- Pemerintah Solok Selatan mendukung penuh keputusan Bank Nagari melakuka konversi dari bank konvensional ke bank umum syariah yang direncanakan pada tahun 2021 mendatang. Karena sangat sesuai dengan kultur dan ideologi masyarakat di Sumatera Barat.


"Alhamdulillah, Kita bersyukur dengan perubahan Bank Nagari dari bank konvensional ke bank umum Syariah yang direncanakan pada 2021 mendatang. Dan ini sesuai dengan kultur daerah kita," kata Plt Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman Jumat, (24/7/2020).


Dia mengatakan, konversi ke bank syariah tersebut sangat sesuai dengan kultur budaya, ideologi masyarakat Minangkabau secara umumnya dan Solok Selatan secara khusus. Masyarakat, Sumbar menjunjung prinsip Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.


"Orang Sumbar itu dikenal taat beragama. Mungkin saja selama ini ada semacam ketidaknyamanan bagi masyarakat Sumbar melakukan taransaksi keuangan di Perbankan karena terkait hukum-hukum syariat Islam," katanya.


Sehingga, katanya langkah yang diambil pihak Bank Nagari mengkonversi ke syariah merupakan langkah tepat. "Apalagi, setiap kegiatan ekonomi pasti terkait dengan Perbankan. Dengan ini tentunya masyarakat bisa nyaman melakukan transaksi keuangan di Perbankan tanpa takut lagi terkait persoalan syariat agama," jelasnya.


Bank Nagari melakukan konversi dari bank konvensional ke bank syariah adalah keputusan bersama (aklamasi) dalam Rapat Umum Pemegang saham (RUPS) Luar Biasa (RUPS-LB) dan Rapat Pemegang Saham Bank Nagari, di Rocky Plasa Hotel Padang, pada Sabtu (30/11/2019) silam. Dimana, akan dimulai berkonversi syariah pada November 2021.


Sementara itu, Kepala Cabang Bank Nagari Lubuk Gadang, Hendri Arif mengapresiasi bentuk dukungan dari Pemkab Solok Selatan terhadap konversi Bank Nagari ke bank umum syariah.


"Konversi Bank Nagari, mudah-mudahan akan memberikan keuntungan bagi masyarakat, baik secara materil maupun secara bathin, karena sesuai dengan falsafah hidup di ranah Minang yang belandasan agama," katanya.


Dia berharap kepada seluruh masyarakat untuk mendukung konversi Bank Nagari menjadi Bank Umum Syariah. "Mari bersama membesarkan bank milik masyarakat Sumbar ini. Untuk peningkatan perekonomian masyarakat," pungkasnya. (rls)

 
Top