mediaterobos.com, Solsel- Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menjadwalkan pelaksanaan upacara peringatan ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke 75 tahun ditengah pandemi Covid-19 ini akan digelar secara minimalis.


"Ada yang berbeda pada pelaksanaan upacara peringatan Hut RI tahun ini. Dimana pelaksanaannya, akan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan standar Covid-19," kata Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Solok Selatan, Firdaus Firman di Padang Aro, Kamis, (6/8/2020).


Menurutnya, sesuai petunjuk tekhnis pelaksanaan dari Kementrian Dalam Negeri RI. Upacara peringatan Hut RI dilakukan dengan pembatasan. Seperti, untuk pelaksanaan upacara didaerah hanya digelar di pusat kabupaten dan tidak digelar pada tingkat kecamatan atau di tempat lainnya.


Kemudian, untuk peserta sendiri terbatas. Yang berada di barisan terdiri, 10 personel TNI, 10 personel Polri dan 20 orang ASN. Sementara, Forkopimda dan kepala OPD berada di tribun kehormatan. Dan upacara dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB. Serta untuk pengibar bendera dilakukan oleh tiga orang Paskibra.


"Setelah pelaksanaan upacara, Forkopimda langsung mengikuti detik-detik proklamasi yang digelar di Istana Negara melalui virtual," katanya.


Setelah mengikuti detik-detik proklamasi secara virtual, Forkopimda melanjutkan dengan kegiatan penyerahan Gelora Energy dari PT Supreme ke Pemkab Solok Selatan. Dan dilanjutkan pada siangnya pemberian remisi di Rumah Tahanan Muara Labuh.


"Dan aturan yang serupa juga berlaku pada upacara penurunan bendera yang digelar pada sorenya. Namun saja, saat bersamaan juga dilakukan upacara secara virtual mengikuti upacara penurunan bendera di Istana Negara. Tekhnisnya nanti, Forkopimda akan terbagi mengikuti upacara ini," jelasnya.


Dihimbau kepada masyarakat, untuk memeriahkan hari kemerdekaan ini. Diharapakan, masyarakat mengibarkan bendera hingga sebulan penuh di halaman rumah masing-masing. 

 
Top