mediaterobos.com, Solsel- Pemerintah Kabupaten Solok Selatan melaksanakan Rapat Koordinasi Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah (TKDPD) Tahun 2020 di ruang Tangsi Ampek Kantor Bupati, Kamis, (16/7/2020).


Rapat yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah, Yulian Efi, Plt Kakan Kesbangpol Suwirman, (sebagai moderator) dan diikuti oleh anggota TKDPD.


"Sekaitan dengan tugas TKDPD diantaranya, mencari, mengumpulkan, mengkoordinasikan dan mengimunisasikan data serta informasi mengenai adanya potensi, gejala, peristiwa yang berdampak timbulnya Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan (ATHG) yang terjadi di daerah ini, diharapkan untuk segera dijadikan bahan rekomendasi untuk disampaikan pada pimpinan", kata Yulian Efi.


Adanya potensi, gejala dan peristiwa yang berdampak timbulnya ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang terjadi didaerah ini. Hendaknya segera disampaikan pada pimpinan. Agar informsi secara dini bisa didapatkan untuk mencari solusi kedepan.


"TKDPD berperan sebagai sebagai salah satu unsur pemerintah dalam menjaring dan memberikan informasi, sehingga dapat dilakukan deteksi dini dan cegah dini setiap peristiwa yang dapat mengancam stabilitas nasional", katanya.


Yulian Efi juga mengapresiasi, bahwa adanya TKDPD di Solsel, merupakan sebuah bukti bentuk sinergi antara pemerintah daerah dengan instansi vertikal, dalam upaya menciptakan stabilitas nasional yang aman dan dinamis.


Selanjutnya Plt. Kakan Kesbangpol. Suwirman Menambahkan, rapat Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah (TKDPD) didasari Permendagri No.2 Tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah, sebagaimana telah diubah dengan Permendagri Nomor.46 Tahun 2019.


Adapun Anggota TKDPD Kabupaten Solsel, terdiri atas unsur intelijen pemerintah beserta OPD terkait. Dalam kegiatan ini didapat beberapa informasi dan permasalahan yang berkembang dalam masyarakat. Hasil rakor ini selanjutnya di jadikan bahan rekomendasi dan disampaikan pada Rakor tingkat pimpinan selanjutnya.


"Data dan laporan tersebut, dapat dijadikan rekomendasi, acuan, pertimbangan dan akan disampaikan pada pimpinan untuk ditindaklanjuti", jelasnya. (rls)

 
Top