mediaterobos.com, Solok Selatan- Guna memutus mata rantai Covid-19 di Kabupaten Solok Selatan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 setempat melakukan full tes sampel Swab terhadap 1.645 orang di 39 nagari yang ada di kabupaten itu. Untuk dilakukan pengujian di Laboraturium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang.

"Kegiatan pengambilan sampel Swab ini akan berlangsung pada Kamis dan Jumat besok. Dan dilakukan secara serentak di 39 nagari yang ada di Solok Selatan," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Novirman di Padang Aro Rabu, (18/6/2020).

Menurutnya, kegiatan ini akan dilakukan di masing-masing Puskesmas atau lokasi yang telah disepakati oleh nagari. Yang penting lokasi tersebut memiliki fasilitas pendukung.

"Yang menjadi prioritas untuk dilakukan Swab ini merupakan warga yang telah berumur 40 tahun ke atas atau mereka yang memiliki aktivitas banyak di luar rumah," katanya.

Selain itu, seluruh tenaga pendidik wajib mengikuti uji sampel Swab tersebut. Agar saat memasuki tahun ajaran baru untuk pembelajaran disekolah tidak lagi dikhawatirkan.

"Untuk pengambilan sampel Swab pada satu cluster dilakukan minimal satu nagari diambil sampel sebanyak 56 orang. Dan minimal dalam satu KK sebanyak 1 orang," jelasnya.

Hal ini bertujuan, lanjut Novirman, memudahkan tracking jika didapatkan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. Dan tim medis bisa dengan segera melakukan tindakan yang telah tercatat. "Diharapkan dengan dilakukannya full tes uji sampel Swab ini dapat meminimalisir penyebaran Covid-19 di Solok Selatan," pungkasnya.(men)
 
Top