mediaterobos.com, Solsel- Pemerintah Kabupaten Solok Selatan bekerja sama dengan Bank Nagari setempat, mulai menyalurkan Batuan Langsung Tunai (BLT) senilai Rp 32 Miliar untuk 17.141 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak Covid-19 didaerah itu. BLT tersebut bersumber dari dana APBD Solok Selatan, dan dijadwalkan dibagi selama satu pekan kedepan.

"Masing-masing KK yang masuk dalam data penerima manfaat akan mendapatkan BLT sebesar Rp 1,8 juta untuk tiga bulan, terhitung bulan April, Mei dan Juni. Artinya, perbulannya per KK akan mendapat BLT sebesar Rp 600 ribu", kata Plt. Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman di Padang Aro Selasa, (2/6/2020).

Plt Bupati meminta, kepada warga penerima manfaat agar menggunakan dana BLT tersebut untuk kebutuhan pokok atau kebutuhan yang penting lainnya. Bukan untuk kebutuhan yang tidak prioritas.

"Gunakan lah BLT ini dengan memanfaatkan sebaik-baiknya untuk kebutuhan penting. Dan tahan dulu keinginan untuk kebutuhan yang tidak prioritas", jelasnya.

Menurutnya, dimasa sulit saat pandemi Covid-19 ini. Diharapkan, warga lebih cerdas dalam penggunaan dana agar memiliki tahanan jika membutuhkan dana secara mendesak.

Sesuai instruksi yang dikeluarkan, untuk pelaksanaan penyaluran di kantor wali nagari wajib menggunakan protokol kesehatan standar pencegahan Covid-19.

"Warga penerima manfaat dan petugas diwajibkan menggunakan masker, serta mengatur jarak fisik antara satu dan lainnya. Kemudian pihak nagari juga diminta untuk menyediakan sarana tempat cuci tangan dengan sabun," katanya.

Bagi masyarakat yang terdata ganda, menurutnya pihak kenagarian berhak untuk menahan dan meminta pihak bank agar tidak mencairkan bantuan tersebut. Dan nagari juga diminta untuk menempel seluruh data penerima bantuan di kantor wali nagari serta berbagai tempat strategis lainnya.(MEN)

NASIONAL

 
Top