MEDIATEROBOS.COM 

Sumatera Barat- Lama di rumah aja, tak harus menyerah pada keadaan. Harian Umum Rakyat Sumbar melalui Bengkel Literasi Rakyat Sumbar, kembali berinovasi.

“Kita menghadirkan pelatihan Jurnalistik Dasar secara daring,” kata Sukma Murdani, Koordinator Rakyat Sumbar Event Organizer (Rakyat Sumbar EO), di Padang, Selasa (12/5).

Ada tiga materi dasar yang akan diberikan. Ketiga materi tersebut,  Teknik Dasar Menulis Berita, Kiat Praktis Menulis Feature dan Teknik Dasar & Langkah Praktis Menulis Opini. Ketiga materi tersebut akan dilakukan secara marathon, selama delapan hari, 15 - 22 Mei 2020.

Peserta pelatihan, kata wartawan foto ini, dikhususnya untuk  Pelajar, Mahasiswa, Calon Wartawan, “materi dasarnya ini diharapkan mampu memberikan bekal bagi pelajar, mahasiswa dan calon wartawan untuk memulai aktivitas barunya. Setidaknya memahami bagaimana kiat tersebut bisa dipraktekkannya,” kata lelaki yang akrab disapa Edo.

Edo juga menyebutkan, pelatihan tersebut menghadirkan pembicara tunggal, Firdaus Abie, General Manager dan Pemred Harian Umum Rakyat Sumbar. Perihal narasumber, selain seorang wartawan, penulis sastra dan buku biografi tokoh, Ia juga aktif sebagai pegiat literasi.
Pada 2010 , Ia membina pelajar di Bukittinggi, Agam dan Padangpanjang melalui rubrik Koran Sekolah di Harian Umum Rakyat Sumbar.

 Kemudian dikembangkan menjadi Bengkel Literasi Rakyat Sumbar. Sudah melahirkan siswa binaan sebanyak enam angkatan. Setelah dari Bengkel Literasi ditindaklanjuti menjadi Jurnalis Pelajar Rakyat Sumbar. Rencananya, selepas lebaran, angkatan ke VI Bengkel Literasi Rakyat Sumbar akan dikukuhkan menjadi Jurnalis Pelajar Rakyat Sumbar, angkatan VI.

Pelatihan akan dipandu Martha Zhahra El-Kutuby, Pimpred MZK News. Anak muda enerjik ini memulai menulis ketika masih duduk di bangku SMAN 4 Bukittinggi. Ia merupakan Angkatan I dari Bengkel Literasi Rakyat Sumbar. Telah melahirkan sejumlah buku.

Selain memperoleh Sertifikat, peserta pelatihan digaransi akan memperoleh Ilmu Jurnalistik,  Modul, Jaringan luas, berkesempatan menjadi wartawan lepas, naskah yang layak akan dimuat di Harian Umum Rakyat Sumbar dan MZKNews,  jkhusus Pelajar dan Mahasiswa akan dibina di Bengkel Literasi Rakyat Sumbar.
Ingin mendaftar? Silakan hubungi  WA 082285435826. *(Rel/nov)
 
Top