mediaterobos.com, Solsel- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solok Selatan, kembali mengambil tambahan 22 sample Swab untuk di uji di Laboraturium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang. Pengambilan swab tambahan itu berasal dari anggota DPRD setempat, Karyawan PT Supreme Energy Muara Laboh (SEML), Petugas kesehatan dan masyarakat.

"Dari 22 sampel Swab yang diambil, 16 diantaranya dari sampel Swab petugas kesehatan dan masyarakat, 5 lainnya karyawan PT SEML, serta satu lainnya merupakan anggota DPRD", kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solok Selatan, Novirman di Padang Aro, Minggu (31/5/2020).

Menurutnya, sehari sebelumnya juga diambil sampel uji swab terhadap 61 orang yang terdiri dari ASB, Kepala OPD, TNI-Polri dan petugas lapangan di Kabupaten itu yang telah melakukan perjalanan ke zona merah Covid-19.

"Pengambilan sampel Swab ini dilakukan sesuai instruksi dari Plt. Bupati Solok Selatab Abdul Rahman dalam mengantisipasi penyebaran wabah virus Covid-19", katanya.

Pihaknya, berharap hasil dari pemeriksanaan laboratorium nanti tidak ditemukan penambahan hasil terinfeksi positif Covid-19 di daerah ini. Pengujian swab ini tidak saja dilakukan bagi mereka yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Menurutnya, orang yang melakukan perjalanan ke daerah zona merah juga perlu dilakukan tes swab. Karena, mereka bisa menjadi carier atau Orang Tanpa Gejala (OTG) yang bisa menjadi media penghantar virus Covid-19 kepada orang lain.

"Sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 perlu dilakukan pengujian swab terhadap mereka yang telah melakukan perjalanan ke daerah zona merah ini", jelasnya.(men)

NASIONAL

 
Top