TEROBOS

Solok Selatan- Plt Bupati Solok Selatan (Solsel) Abdul Rahman kembali menegaskan bahwa hasil musrenbang akan menjadi referensi utama dalam pengambilan keputusan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021.

Hal itu diungkapkannya saat membuka musrenbang tingkat kecamatan di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD), Kamis (5/3).

Ia menambahkan, kegiatan Musrenbang tidak hanya menjadi acara seremonial. Musrenbang katanya, merupakan wadah penyampaian aspirasi dari masyarakat langsung, yang akan dituangkan dalam program-program prioritas yang akan dianggarkan didalam APBD.

Ia menyebutkan, pemerintah daerah akan transpran, jika ada usulan dalam musrenbang yang tidak terakomodir dalam APBD maka harus dijelaskan alasannya kenapa tidak terakomidir.

“Kita akan buat transparan, usulan musrenbang yang terseleksi harus dijelaskan alasannya, bila jadi prioritas juga harus dijelaskan kenapa program ini harus diprioritaskan,” sebutnya.

Wakil Ketua DPRD Armen Syahjohan menyampaikan permintaannya agar pemerintah prioritas untuk membangun kembali jembatan Sungai Pangkua yang hancur akibat banjir beberapa bulan silam. 
Ia juga mengatakan bahwa DPRD siap mengawal program prioritas musrenbang untuk di anggarkan di APBD nantinya

Musrenbang di Kecamatan KPGD juga dihadiri oleh Anggota DPD RI perwakilan Sumbar Alirman Sori

Dalam kesempatan tersebut, Alirman Sori mengapresiasi pemda solsel yang sering datang ke DPD RI menyampaikan aspirasi daerah.

Ia berharap pemerintah daerah dan masyarakat memanfaatkan DPD RI sebagai jembatan penyampaian aspirasi dari bawah.

Sehubungan dengan Musrenbang, ia menyebutkan, kegiatan ini bukan ajang diskusi seremonial, Musrenbang katanya merupakan kebijakan awal untuk menentukan konsep pembangunan yang bernilai ekonomis dan bermanfaat untuk menumbuhkan pertumbuhan ekonomi.

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Yulian Efi, sejumlah Anggota DPRD, Camat KPGD Syahrul Munir, Wali nagari dan perangkatnya, OPD, Tokoh masyarakat, dan para peserta Musrenbang lainnya.(rilis) 
 
Top