Padang Aro- Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sumatera Barat Duski Samad melantik Plt. Bupati Solok Selatan ( Solsel ) Abdul Rahman sebagai Ketua DMI Solok Selatan bersama 39 pengurus lainnya di aula Sarantau Sasurambi, Selasa, 18 Februari 2020.

Duski Samad berpesan kepada pengurus yang dilantik agar bekerjalah dengan ikhlas mengharap ridho Allah SWT.

baca juga: 153 Sampel Swab Dari Tracking Positif COVID-19 Solsel, Ini Hasil Pemeriksaannya
Menurutnya Masjid tidak sekedar tempat ibadah, tetapi basis kultural masyarakat. Masjid bisa menjadi lebih baik, jika ada perhatian dari Dewan Masjid itu sendiri.

"Mudahan-mudahan saja pengurus akan menerima tabungan akhirat lebih banyak, dengan tanggung jawab memakmurkan masjid di atas dunia ini,"kata Duski Samad

Dia meminta, agar dewan masjid yang di Ketuai oleh Plt Bupati Solsel , Abdul Rahman, hendaknya dapat memakmurkan masjid dan mushalla di Solsel . Melayani pelaksanaan sholat berjemaah, sholat jumat, bacaan alquran, dan masjid sebagai tempat belajar agama.

Disamping rumah dakwah, imbuhnya hal ini mesti harus menjadi perhatian sesuai visi misi kepala daerah sejahtera dan religius.

baca juga: Pindah Tugas ke Polda Sumbar, Ini Pesan Ediwarman untuk Masyarakat Solsel
"Masjid banyak, dan megah. Tapi isinya sedikit, ini tugas dari Dewan Masjid untuk memakmurkannya,"ujarnya

Masjid katanya memberdayakan lima sumber pembiayaan, salah satunya zakat. Untuk itu perlu adanya dukungan dan kerjasama dewan masjid dengan Badan Amil Zakat (Baznas).


Dia menekankan agar jangan campur adukan masjid dengan politik, karena keberadaan masjid untuk memusyawarahkan kemaslahatan umat, mencegah yang makruf dan mungkar.

"Maka makmurkanlah masjid, ajaklah masyarakat terbiasa membaca al qur'an, bukan mendengarkan bacaan al qur'an yang di putar dengan recorder," pintanya.

Dia mengajak pengurus untuk dapat meningkatkan pengelolaan masjid dengan pola dakwah.

"Sebab itu, segeralah bentuk dewan masjid di tingkat kecamatan, nagari dan jorong. Kemudian beri pencerahan, dan pembinaan," harapnya.

Plt. Bupati Solok Selatan , Abdul Rahman usai dilantik sebagai Ketua DMI Solsel menjelaskan, pihaknya bersama pengurus menyatakan siap menjalankan amanah, dan akan fokus pada kemakmuran masjid,

"Jangan sampai rumah ibadah sepi, bahkan terlihat masih tertutup di setiap masuknya jam sholat," katanya.

Dia mengungkapkan jika tidak berkeinginan kuat dalam kemaslahatan agama dan hubungan dengan masjid, pihaknya akan menolak amanah yang diberikan itu.

"Sudah terlalu banyak memimpin organisasi, namun keinginan kuat dalam kemaslahatan agama dan hubungan dengan masjid, dan ini sejalan dengan visi misi religius seperti yang telah di programkan," jelasnya.

Menurutnya, sudah kewajiban dari dewan masjid memberikan perhatian demi kemakmuran masjid.

"Kita tidak ingin pengurus sekedar mengambil label DMI, jangan sampai hanya tercantum dalam Surat Keputusan (SK) saja," tegasnya.

Tetapi imbuhnya, tugas dewan masjid harus terealisasi dilapangan, jangan sampai dewan masjid bekerja di luar visi misi kepala daerah sejahtera dan religius.

"Tugas ini berat, tapi ringan jika semua bekerja dengan ikhlas," kata Ketua DMI Solsel itu,"katanya.
 
Top