mediaterobos.com 

Nias- Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu SH, MH buka acara sosialisasi Permendagri Nomor 34 Tahun 2006, tentang pedoman penyelenggaraan pembauran kebangsaan di daerah, bertempat di balai Desa Balohili kecamatan Botomuzoi Kabupaten Nias, Selasa (09/07/2019).

Wabup Nias Arosokhi Waruwu SH, MH yang sekaligus sebagai ketua Forum Pembaruan Kebangsaan (FPK), sebagai warga Negara Indonesia termasuk kita di Kabupaten Nias ini, bahwa kebhinekaan, Ras,suku, budaya dan Agama adalah kekayaan bangsa Indonesia yang merupakan ciptaan Tuhan yang esa dan perbedaan-perbedaan tersebut jangan pernah dibuat jurang pemisah antara satu dengan yang lain.

" Supaya ada pemahaman kita bersama bahwa Penyelenggaraan Pembaruan Kebangsaan adalah proses pelaksanaan kegiatan integrasi anggota masyarakat dari berbagai Ras, suku, etnis melalui interaksi sosial dalam bidang bahasa, adat, istiadat, seni budaya, pendidikan dan perekonomian untuk mewujudkan kebangsaan Indonesia tanpa harus menghilangkan identitas rasa, suku dan etnis masing-masing dalam kerangka NKRI."

Permendagri Nomor 34 Tahun 2006 ini menjadi keharusan disetiap daerah untuk dilaksanakan sosialisasi dengan tujuan supaya diketahui oleh seluruh masyarakat secara luas dan menurut laporan ketua FPK Kabupaten Nias pada tahun terakhir telah dilaksanakan di 7 Kecamatan dan pada tahun ini dilaksanakan pada 3 Kecamatan termasuk di Kecamatan Botomuzoi.


Dijelaskan Arosokhi,Pemerintah kabupaten Nias beberapa bulan e yang lalu telah membentuk dan mengukuhkan Forum Pembaruan Kebangsaan yang disingkat FPK untuk periode 2018-2023, sebagai wadah informasi, komunikasi, konsultasi dan kerjasama antar masyarakat yang diarahkan untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan pembauran kebangsaan.

Diakhir kata arahannya Arosokhi Waruwu sebagai ketua FPK menghimbau kepada seluruh yang hadir pada sosialisasi ini sama-sama memelihara hubungan kekerabatan atau persaudaraan. Harapnya.(Trh)
 
Top