PADANG PANJANG, mediaterobos - Sistem Pelayanan Dokumentasi Kependudukan Online (PADUKO) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang, sudah bisa melaksanakan delapan jenis pelayanan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi kepengurusannya.

"Sekarang Disdukcapil sudah bisa melakukan delapan jenis layanan administrasi kependudukan secara online. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang, Dra. Hj. Maini, MM, diruang kerjanya, Senin (13/5).

Lebih lanjut Maini mengatakan, delapan jenis layanan secara online yang ada pada Disdukcapil Padang Panjang tersebut dimulai pada bulan Maret 2019. Delapan jenis layanan secara online tersebut antara lain, pertama akta kelahiran, pelayanan Kartu Identitas Anak (KIA), pindah keluar, penambahan anggota keluarga, akta kematian, pindah datang, perubahan KTP - EL, dan perubahan bio data.

Menurut Maini, pelayanan administrasi dengan  sistem manual biasanya masyarakat membutuhkan waktu dua sampai tiga hari , sementara  dengan sistem Paduko bisa dilakukan dalam satu hari. "Paduko ini juga mengefisienkan waktu dan biaya," jelasnya.

Sistem Paduko tersebut sudah dilaunching oleh Walikota Padang Panjang pada Desember 2018, dan hingga 30 April 2019 telah di akses sebanyak 1.933 kali oleh masyarakat untuk melaksanakan sistem Paduko secara online, masyarakat bisa akses melalui alamat "paduko.padangpanjang.go.id", sebutnya. 

Pada kesempatan tersebut, Maini menghimbau dan mengajak masyarakat yang belum melaksanakan pengurusan administrasi kependudukan bisa melakukannya melalui sistem Paduko tersebut. Untuk pendaftaran administrasi dengan    sistem Paduko itu, masyarakat bisa memulai dengan membuka link di "paduko.padangpanjang.go.id" dan selanjutnya masukan NIK dan passwordnya, nama ibu kandung dengan   memastikan huruf kecil semuanya serta kemudian klik "masuk".

Untuk seterusnya pilih menu sesuai dengan keperluan anda, isikan data dan unggah dokumen persyaratan lalu "simpan". Kemudian pantau proses pengurusan melalui menu "monitoring pengurusan".

Terakhir bawa dokumen yang telah diunggah ke kantor Disdukcapil Kota Padang Panjang dan ambil dokumen kependudukan anda. Kemudian mintalah akses ganti password ke operator kami, terangnya.

Dari 23 output pelayanan administrasi kependudukan, Disdukcapil Kota Padang Panjang baru melayani sebanyak 13 jenis dokumen kependudukan, antara lain, KK, KTP- EL, KIA, Surat Keterangan Pindah, Surat Keterangan Pindah Datang, Surat Keterangan Pindah Keluar Negeri, Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri, Surat Keterangan Lahir Mati, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perceraian, Akta Pengakuan Anak, Akta Pengesahan Anak, dan Data Kependudukan, terang Maini sambil mengakhiri paparannya. (Pulkani).
 
Top