mediaterobos.com 

Jatisari- Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-104 tahun 2019 Kodim 0507/Bekasi, Korem 051/Wijayakarta, Kodam Jaya/Jayakarta sudah berhasil menyelesaikan pengecoran ruas jalan sepanjang 2.231,5 meter dari total 2.271,5 meter yang akan dicor dalam pelaksanaan TMMD kali ini. 

Selesai pengecoran, bukan berarti selesai sudah tugas personel yang mengerjakan pengecoran jalan. “Masih ada beberapa tahapan lanjutan usai pengecoran. Yang pertama dilakukan adalah pemeliharaan dan perawatan hasil pengecoran. Selain dibersihkan dari sampah-sampah yang ada di atas jalan yang baru dicor, juga dilakukan penyiraman pagi dan sore untuk memperkuat struktur jalan hasil pengecoran,” jelas anggota Satgas TMMD Reguler ke-104 Kodim 0507/Bekasi Serma Andri.

Lanjutnya, proses berikutnya adalah cutting shield atau pembuatan potongan-potongan ruas jalan yang bertujuan untuk mencegah terjadinya penjalaran jika ada hasil pengecoran yang patah, atau melokalisasi patahan. “Ini juga proses yang penting, agar jika terjadi patahan tidak menyebar,” tandasnya.

Proses perawatan seperti ini dilakukan di total 13 ruas jalan di Kelurahan Jatisari yang menjadi lokasi sasaran fisik dalam TMMD kali ini. Selain oleh anggota Satgas TMMD, pemeliharaan dan perawatan ruas jalan yang baru dicor juga dilakukan oleh warga.(*)
 
Top