mediaterobos.com 

Donggala- Potensi pertanian di Desa Bakubakulu, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, sangatlah besar. Bahkan hampir semua tanaman terutama buah coklat dan kopi tumbuh subur di lereng-lereng bukit.

Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Sigi, bekerjasama dengan TNI, memberikan penyuluhan peningkatan hasil pertanian melalui budi daya tanaman Kopi.

"Selain memiliki nilai ekonomis tinggi kedua buah tersebut juga sangat produktif serta memiliki masa panen yang lebih singkat dibanding pohon sengon yang banyak ditanam warga," terang Yusak Paulus, penyuluh BPP Minggu (3/3/19).

Ia menjelaskan, tanaman kopi membutuhkan perawatan yang baik  untuk bisa dipanen. Dan hasilnya, lanjut dia, tiap musim kopi bisa dipanen, apalagi keduanya merupakan tanaman pangan yang memilik kebutuhan tinggi dan harga jualnya pun juga tinggi.

"Saya berharap para petani memanfaatkan peluang untuk beralih menanam kedua buah tersebut agar ada penngkatan hasil pertanian," jelasnya.

Satgas TMMD reguler ke-104 Tahun 2019, Pelda Sudiyono, mengatakan, penyuluhan peningkatan pertanian merupakan bagian dari program sasaran non fisik.

"Tujuanya agar terjadi dampak positif dari hasil kegiatan TMMD yang mendorong para petani lebih meningkat kesejahteraanya," jelasnya.(*)
 
Top