mediaterobos.com 

Jatisari- Hampir seminggu berlangsung, kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-104 tahun 2019 di wilayah Kodim 0507/Bekasi, Korem 051/Wijayakarta, Kodam Jaya/Jayakarta. Kemanunggalan antara personel TMMD dengan masyarakat di lokasi pelaksanaan yang berpusat di Kelurahan Jatisari, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi kian terbangun. 

Misalnya saja seperti yang terlihat di Pos Ronda RT 004/RW 05, Kelurahan Jatisari, dimana warga bersama personel Satgas TMMD yang berasal dari Yonif Mekanis 202/Tajimalela dipimpin oleh Sertu Nurdianto, larut dalam kebersamaan dan bercengkrama, sambil membakar ikan dan ayam untuk dinikmati bersama, Minggu (3/3) malam.

“Ini warga yang membantu memberikan ikan dan ayam yang dibakar. Kemudian kami yang bumbui dan membakarnya, buat makan bareng-bareng. Cuacanya juga enak, apalagi hari ini hujan turun lumayan lama dan deras.  Yang lebih penting, momen kebersamaan seperti ini tujuannya untuk membangun sinergi dengan masyarakat. Membangun kepercayaan masyarakat, menghilangkan jarak dengan masyarakat. Karena tanpa masyarakat, kami bukan apa-apa,” tutur Sertu Nurdianto.

Pada kesempatan yang sama, Topik (25) warga setempat menambahkan, momen kehadiran dan kebersamaan dengan TNI belum tentu setahun sekali bisa dinikmati masyarakat sepertinya. Untuk itu, ia dan warga biasanya memanfaatkan momen santai bersama untuk bertukar pengalaman dan saling belajar banyak hal.

“Sambil cerita-cerita aja sama rekan-rekan dan bapak-bapak dari TNI. Kalau sama yang komandannya, biasanya cerita pengalaman-pengalaman tugas dimana aja selama jadi tentara. Kalau sama yang lebih muda, ya seperti gimana bisa keterima masuk TNI. Banyak yang bisa tukar pengalaman sambil makan ikan sama ayam bakar,” tuturnya.(*)
 
Top