mediaterobos.com 

Jatisari- Matahari mulai beranjak naik jelang tengah hari, namun semangat Nesan (44) untuk segera menanam bibit Pepaya California di kebun yang terletak di pekarangan rumahnya di RT 001/RW 05 Kampung Cakung, Kelurahan Jatisari, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi tak surut. 

“Ini kita mau coba nanam Pak, katanya hasil buahnya bagus. Kan banyak juga tuh dijual di pinggir-pinggir jalan, banyak dicari orang. Kita mau ngerasain juga kayak apa rasanya, dibandingin sama Pepaya lokal lainnya. Syukur-syukur nanti hasilnya berlimpah dan ada yang bisa dijual,” tutur Nesan, Sabtu (16/3).

Nesan merupakan salah satu warga Kampung Cakung yang menerima bibit Pepaya California dari Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-104 tahun 2019 Kodim 0507/Bekasi, Korem 051/Wijayakarta, Kodam Jaya/Jayakarta. Total ada 10 ribu bibit Pepaya California yang dibagikan Satgas TMMD untuk masyarakat.

“Tadi kita dapat bibit dari Pak (Pelda) Lingga. Katanya bibit ini dibagikan cuma-cuma untuk warga Jatisari, kebetulan saya punya kebon dikit, jadi coba untuk nanam juga. Kebetulan di kebon juga saya nanam Pepaya, Singkong sama tanaman lain. Pupuknya alami aja, mudah-mudahan bisa tumbuh subur ya,” harapnya.

Anggota Satgas TMMD Pelda Lingga sendiri antusias mendampingi Nesan menaman bibit Pepaya California yang disiapkan. “Yang penting diperhatiin waktu penyiramannya, jangan berlebihan juga volume airnya, bisa bibit tidak busuk. Kalau nanti warga ada kesulitan soal penanaman ini, nanti akan dibantu Babinsa dan penyuluh pertanian yang berada di Kelurahan Jatisari, Kecamatan Jatiasih,” singkat Lingga.(*)
 
Top