mediaterobos.com 

Talaud- Desa Rusoh merupakan salah satu desa yang berada di Kepulauan Talaud pesisir pantai dan di wilayah teritorial Kodim 1312/Talaud tempat pelaksanaan TMMD 104 tahun 2019. Rusoh di ambil dari kata Narusohan, yang dalam bahasa setempat (bahasa lokal masyarakat Talaud) artinya "Tumbuh Tanpa di Tanam".

Menurut opa/kakek Elias Maga usia 74 tahun, memiliki 6 orang anak, 7 orang cucu serta 4 orang cece, menceritakan awal mula desa/kampung Rusoh ini adalah hutan kemudian di bakar oleh seorang petani yang bernama Arure, untuk di jadikan lahan pertanian namun tidak di sangka setelah beberapa hari kemudian lahan yang di bakarnya tersebut tumbuh tanaman berupa Umbi jalar, Ketela Pohon, Jagung dll, itu semua tumbuh tanpa di tanam alias tumbuh sendiri. 

Dengan melihat hal yang demikian, akhirnya Arure menetap tinggal bersama keluarganya di lahan tersebut sambil bercocok tanam, hinga makin bertambah banyak orang yang datang mendiami lahan itu sampai saat ini menjadi Desa Rusoh Kec. Beo Selatan Kab. Kepulauan Talaud yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian Petani, pengrajin anyaman Bika, pembuat Arang Tempurung (Batok Kelapa) dan nelayan. (Red).
 
Top