mediaterobos.com 

Donggala- Salah satu cara yang dilakukan TNI membantu pemerintah daerah dalam pemerataan pembangunan agar menyentuh sampai pelosok desa adalah program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Salah satu wilayah yang termasuk pelosok atau terpencil seperti Desa Kapiroe, Kecamatan Palolo, Kabupaten Donggala. Hal-hal yang perlu diselesaikan dalam pencapaian program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 di Desa Kapiroe antara lain pelebaran jalan, pembangunan MCK (mandi, cuci, kakus) memadai dan pembuatan jembatan penghubung antar desa.

Disisi lain warga, yang paling dirasakan manfaat program TMMD ini adalah mengangkat keterpurukan warga untuk segera bangkit dan maju, karena persoalan minimnya sarana dan prasarana terkadang menjadi sebab kemajuan menjadi lamban. Dengan adanya TMMD yang digelar oleh Satuan Kodim 1306/Dgl yang lebih dikonsentrasikan pada pengerjaan-pengerjaan yang menyentuh kepentingan warga. Saat ini anggota satgas TMMD ke-104 sedang melaksanakan kegiatan pelebaran jalan yang telah dibantu oleh alat berat.

“Program ini kiranya hendak menjadi kalender tetap TNI dalam membantu pemerintah dalam percepatan dan pemerataan pembangunan pedesaan terutama desa terpencil” Ucap Bapak Mulam sebagai Kepala Desa Kapiroe. Dengan adanya program TMMD ini, ekonomi warga Desa Kapiroe ikut mengalami peningkatan karena jalur transportasi makin mudah dijangkau. Program TMMD ini juga dapat menjadikan Desa Kapiroe menjadi lebih baik dan maju layaknya desa maju lainnya.(*)
 
Top