mediaterobos.com 

Jatisari- Dalam memanfaatkan lahan pekarangan untuk mewujudkan ketahanan pangan berbasis keluarga, Kodim /Bekasi  mengandeng Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi melakukan sosialisasi tentang penyuluhan  optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan dengan konsep kawasan rumah pangan lestari (KRPL) di TMMD Ke 104 di Aula kantor Kel. Jatisari Jl. Raya Wibawa Mukti II KM-5 Kec. Jatiasih Kota Bekasi.Kamis (7/3/19) 

Penyuluhan ini disampaikan. Pada Karang yang disampaikan  sekitar  50 orang 
Ibu Nur Rahayu, S.ST dari Dina Pertanian dan Perikanan Kota  Bekasi.yang di hadiri Karang Taruna JATI Sari .

Nur Rahayu, S.ST  mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan bakti. KRPL itu sendiri adalah sebuah konsep lingkungan perumahan penduduk yang secara bersama-sama mengusahakan pekarangannya secara intensif untuk dimanfaatkan sebagai sumber pangan secara berkelanjutan.

Yaitu dengan pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan dalam suatu kawasan, untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga. Termasuk peningkatan pendapatan keluarga, meningkatkan kesejahteraan melalui partisipasi masyarakat.

“Karena itu, kegiatan sosialisasi ini merupakan pra atau pendahuluan alias pengenalan dalam mewujudkan RT Bersih  dengan konsep kawasan rumah pangan lestari (KRPL),” ujarnya 

Ia menjelaskan. Sebagai pemilik pekarangan bisa memanfaatkannya dengan menanam berbagai jenis tanaman atau kolam ikan sehingga kemudian akan menjamin ketersediaan bahan pangan yang beraneka ragam secara terus menerus.

" Jika hal itu dilakukan dengan baik pemenuhan gizi keluarga dapat terpenuhi dan sebaiknya pupuk yang di gunakan adalah pupuk organik sebab tidak mengandung jat kimia, sehingga baik untuk kesehatan " jelasnya

Selain menghemat biaya rumah tangga, tambahnya fungsi hubungan ekonomi kecil sudah terbentuk .Artinya bagi masyarakat yang hidup di perkampungan penyediaan sumber pangan dan gizi bisa didapatkan dengan optimalisasi pemanfaatan pekarangan dan lahan sekitar tempat tinggal.

" Dengan demikian pekarangan yang terabaikan bisa menjadi sumber makanan sebagai penghasil tanaman rempah - rempah atau obat - obatnya , " tutupnya.(*)
 
Top