mediaterobos.com 

Bekasi- Beberapa sasaran fisik Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Kodam Jaya yang terpusat di wilayah Kodim Bekasi tepatnya di Kelurahan Jatisari, Kecamatan Jatiasih, sudah selesai diwujudkan, meski masih harus diadakan beberapa pekerjaan finishing.

Seperti Jalan Terusan Bagol di Kampung Cakung RT.001 RW.05, yang memiliki Medan bervariasi. Kontur tanahnya tidak rata, didominasi tanah merah dan tanah bercampur batuan. Di beberapa sisi ada penurunan curam yang berbelok, sehingga bisa terjadi longsor bila hujan deras turun. "Untuk menghindari terjadinya longsor, maka Satgas TMMD selain melakukan pengecoran jalan tersebut juga membuat turap yang fungsinya untuk penahan tanah. Ada dua titik turap yang dibuat total panjangnya 5 meter dan 17 meter," jelas Kapendam Jaya Kolonel Inf Kristomei Sianturi, Sabtu (9/3).

Kristomei menambahkan, selain Pembuatan turap, Satgas juga membuat sodetan air yang berfungsi untuk mengalirkan air saat hujan. "Selain untuk merawat jalan, keberadaan turap dan sodetan di Jalan Terusan Bagol ini juga berfungsi agar rumah warga tidak terendam air saat hujan turun karena aliran air bisa lancar," sambung Kapendam Jaya.

Di lokasi TMMD, Pembuatan turap dan sodetan ini mendapat apresiasi sejumlah warga masyarakat. Warga menuturkan, salah satu alasan warga terutama pengendara mobil dan motor menghindari Jalan Terusan Bagol saat hujan disebabkan karena jalanya, yang berbelok dengan tanah merah serta mudah longsor. "Makanya, dengan pembuatan turap dan sodetan ini, sudah pas banget. Mudahan tidak longsor dan becek parah pas lagi hujan. Roda kendaraan bisa slip di sini, sudah ada kejadiannya. Terima kasih sekali sudah dibuatkan turap dan sodetan," singkat Goming (47), warga yang tinggal di Kampung Cakung.(*)
 
Top