mediaterobos.com 

Talaud- TNI Angkatan Darat menggelar upacara pembukaan TMMD ke - 104 Tahun Anggaran 2019 di wilayah Kodim 1312/Talaud  yang dipusatkan di Lapangan Sangkudiman Melonguane, Selasa (26/2/2019) pagi.

Upacara yang turut dihadiri Danrem 131/ Santiago, Brigjen TNI Joseph Robert Giri bersama sejumlah perwira menengah Korem dan Kodim jajaran serta tamu undangan lainnya ini diinspekturi Bupati Kepulauan Talaud, Sri Wahyumi Maria Manalip, dengan Danramil 1312 - 04/Rainis, Kapten (Inf) Markus Tilaar sebagai komandan upacara.

Dalam amanatnya, kepala daerah wanita pertama di bumi porodisa, selaku Irup menyampaikan, pelaksanaan pembukaan TMMD Ini merupakan program lintas sektoral yang melibatkan unsur TNI pemerintah dan smua elemen masyarakat. Secara umum TMMD dilaksanakan untuk membangun infrastruktur, meningkatkan wawasan kebangsaan dan membangun persatuan dan kesatuan bangsa dalam konteks menjaga keutuhan NKRI.

"Kegiatan ini sangat penting mengingat daerah yang menjadi objek pelaksanaan TMMD adalah daerah yang dikategorikan terpencil. Hal ini bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah yang tentunya menjadi objek pelaksanaan kegiatan," ujar Bupati Kepulauan Talaud.

Lanjut katanya, TNI bersama pemerintah daerah serta elemen masyarakat terus mendukung program pemerintah dalam percepatan serta peningkatan akselerasi pembangunan di daerah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan wawasan kebangsaan di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, terlebih dengan program Presiden Joko Widodo dalam nawacita khususnya membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah - daerah dalam kerangka negara kesatuan.

"Program TMMD bersifat gotong royong untuk membangkitkan peran masyarakat sebagai makhluk sosial. Dan yang paling terpenting lagi adalah membangun daerah  menjadi lebih berkembang dari sebelumnya. Dalam berbagai aspek kehidupan, program TMMD menjadi salah satu solusi sekaligus sebagai bentuk peran nyata dalam percepatan pembangunan daerah," kata Manalip. 

Diharapkan, kegiatan TMMD dapat mendorong terbentuknya inovasi masyarakat dalam membangun wilayahnya guna mencapai masyarakat yang mandiri dan sejahtera. 

"Tentunya kita harapkan bersama bahwa kegiatan ini bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat kabupaten kepulauan Talaud. Pemerintah daerah bersama DPRD telah mengalokasikan anggaran untuk kegiatan yang dilaksanakan di desa Rusoh ini sebesar kurang lebih 2 milyar rupiah," pungkasnya.

TMMD kali ini mengusung tema  "Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat Serta Semangat Gotong - Royong Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional".

Dandim 1312/Talaud, Letkol  (Arm) Gregorius Eka Setiawan, Danlanal Melonguane, Letkol (Mar) Augustinus Purba, Kapolres di wakili Wakapolres, Kompol Maria Boki Buida, Kajari Talaud di wakili Kasi Pidum, Bobby Selang, Ketua Pengadilan Negeri Kelas II, Melonguane Yulius Cristian Handratmo, Ketua DPRD, Max F. M. Lua, Kepala Kantor Kementerian Agama, Yahya Wahidin Pasiak, Koordinator SP RRI Talaud, Priets P. Pareda bersama sejumlah pejabat instansi vertikal lainnya, Sekda, Adolf Binilang bersama sejumlah pejabat tinggi pratama, eselon III dan IV di lingkup pemda, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat  dan tamu undangan lainnya nampak menghadiri kegiatan.

Adapun susunan pasukan upacara terdiri dari, 1 SST Korsik, 1 SSK Satgas TMMD ke - 104, 1 SSK Kodim 1312/Tld, 1 SSK Lanal Melonguane, 1 SSK Brimob, 1 SSK Polres, 1 SSK Pol PP dan ASN, 1 SSK Kepala Desa dan Masyarakat, 1 SSK Pelajar SMK Negeri 1 Melonguane dan 1 SSK Pramuka gabungan SMA, SMP dan  SD.

Pembukaan TMMD ke - 104 ini, juga diisi dengan Penyerahan bantuan pendidikan bagi siswa/siswi berprestasi, penyerahan bantuan sembako, penampilan tari intata, penampilan grup  Pato - pato (seni menari sambil bernyanyi), penampilan tari gemu famire, goyang tobelo, baksos bazar sembako murah dan pengobatan gratis. (Red).
 
Top