mediaterobos.com 

Jatisari- Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-104 tahun 2019 di wilayah Kodim 0507/Bekasi, Korem 051/Wijayakarta, Kodam Jaya/Jayakarta Letkol Arm Abdi Wirawan, S.H, M.Tr (Han) meninjau lokasi sasaran fisik renovasi rumah tidak layak huni (Rutilahu) yang akan direnovasi Satgas TMMD, Selasa (26/2).

Peninjauan ini untuk mengetahui secara langsung kondisi rumah yang akan direnovasi mulai hari ini. Rumah pertama yang didatangi adalah milik Bapak Kadir yang terletak di RT 001/RW 05, Kelurahan Jatisari, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi. 

Di rumah yang tidak layak huni ini, Dansatgas TMMD sempat tertegun menyaksikan rumah Kadir yang bagian kamarnya hanya beralaskan tanah, plafon rumah yang seadanya, dinding rumah yang kusam, bahkan kamar mandinya pun sangat tidak layak untuk digunakan dan tidak layak dari segi kesehatan. 

“Jadi renovasi ini memang berdasarkan usulan dari Babinsa, serta koordinasi Tiga Pilar, sehingga kita mendapati lima rumah yang diprioritaskan untuk direnovasi. Masih banyak sebenarnya rumah tidak layak huni, namun kami memiliki skala prioritas karena keterbatasan yang kami miliki. Inshaa Allah kelima rumah tersebut akan dikerjakan selama pelaksanaan TMMD. Dan, saat upacara penutupan TMMD nanti, kita akan serahkan kuncinya secara simbolis,” jelas Dansatgas TMMD.

Sementara itu, Kadir didampingi sang istri tak henti-hentinya mengucapkan terima kasih, lantaran kediamannya yang selama lima tahun terakhir ini tidak layak huni, kini akan direnovasi agar lebih layak huni. “Terima kasih atas bantuan renovasi dari bapak-bapak TNI ini, semoga Tuhan membalas budi baik bapak-bapak sekalian. Semoga sehat selalu, pak komandan juga sukses selalu,” ujarnya di samping Dansatgas TMMD yang terlihat haru. 

Usai dari rumah Bapak Kadir, Dansatgas TMMD didampingi Camat Jatiasih Nesan Sujana dan Lurah Jatisari Mulyadi meninjau lokasi renovasi Rutilahu milik Bapak Jembar. Berbeda dengan rumah sebelumnya, rumah ini memiliki kondisi atap rumah yang rendah, plafon dan kayu-kayu utama bagian rumah juga sudah termakan rayap.

“Jadi besar anggaran untuk tiap rumah bervariasi, kita sesuaikan dengan renovasi yang akan dilakukan. Pokoknya kita berusaha sebaik mungkin agar menjadi rumah layak huni serta sehat. Agar masyarakat juga nyaman menempatinya,” kata Dansatgas TMMD yang sehari-hari menjabat sebagai Dandim 0507/Bekasi.

Seperti di rumah Bapak Kadir, istri pemilik rumah Ibu Jembar pun sempat terbata-bata dan haru mengucapkan terima kasih atas renovasi rumah miliknya. “Selama ini punya uang dikit-dikit ditabung buat nyekolahin anak. Tiap malam saya berdoa, kepengeng gitu punya rumah yang layakan kayak orang-orang. Karena saya di rumah ini sudah dari anak masih satu sampai sekarang udah nikahin anak dua kali. Terima kasih bapak-bapak tentara,” ucapnya terbata-bata sambil dikuatkan oleh Dansatgas TMMD yang juga menahan haru.(*)
 
Top