mediaterobos.com 

Jatisari- SMA Tulus Bakti menjadi salah satu sasaran kegiatan non fisik pada Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke 104 di wilayah Kodim 0507/Bekasi, Korem 051/Wijayakarta, Kodam Jaya/Jayakarta. Di sekolah yang terletak di Jalan Swatantra II, No.7, Kelurahan Jatiasih, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi ini, Satgas TMMD menggandeng Dinas Kesehatan Kota Bekasi.

Hafis Hadi Permana dari Dinas Kesehatan Kota Bekasi selaku pemateri pertama dalam penyuluhan kali ini, menyampaikan materi mengenai bahaya merokok bagi sekira 60 siswa/i. “Hindari merokok, karena bahaya rokok sudah terbukti menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti jantung koroner, kanker paru, penyakit paru obstruktif dan stroke, " jelasnya.

Ia menambahkan, merokok juga dapat memperburuk atau memperpanjang kondisi gangguan pernapasan seperti Asma, atau infeksi saluran pernapasan. “Ini penting untuk dilakukan, mengingat merokok menyebabkan sekitar 90 persen kasus kanker paru-paru. Kebiasaan yang satu ini juga menyebabkan kanker di berbagai bagian tubuh lainnya. Misalnya mulut, bibir, tenggorokan, laring, esofagus (kerongkongan), kandung kemih, ginjal, hati dan pancreas,” tegasnya.

Selain penyuluhan kesehatan, kegiatan non-fisik hari ini juga diisi dengan sosialisasi pendaftaran dan penerimaan prajurit TNI yang disampaikan oleh Kapten Inf Alit Gusiantoro dari Bintaldam Jaya. Kegiatan ini dihadiri juga oleh guru SMA Tulus Bakti dan Bhabinkamtibmas.(*)
 
Top