mediaterobos.com 

Talaud- Yakob Suuda, satu dari sekian warga Desa Rusoh yang  mengikhlaskan lahan dan tenaganya untuk membantu suksesnya pelaksanaan operasi bakti TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke - 104 di wilayah Kodim 1312/ Talaud, Rabu (27/2).

Pria berusia 67 tahun yang memiliki 6 anak dan dikaruniai 6 cucu ini, secara sukarela memberikan lahan untuk menjadi lokasi pembukaan akses jalan menuju objek wisata air terjun tingkat tiga bernama Ampas  Tadunan yang belum banyak dikenal  masyarakat dan lokasi pembangunan fasilitas umum (fasum) seperti MCK, Kantin dan Pos Pam.

Saat diwawancarai RRI disela kesibukannya  membantu 11 anggota Satgas TMMD yang sedang melakukan pembabatan semak belukar lahan seluas 6  × 5 meter yang akan dijadikan lokasi pembangunan fasum dengan parang mengungkapkan apa yang dilakukannya merupakan wujud kepedulian dan dedikasi bagi desa, sesama warga dan daerah.

"Yami bersyukur wuru matarimakasih niolaan laran indi (Kami bersyukur dan berterimakasih dibuatkan jalan ini, sangat membantu mangapidu saranapa wusu ware madatingu wail (sangat membantu membawa berbagai kebutuhan dari rumah ke kebun).

"Ya'a luluas niolaan laran, mangapidu koe wusu wailla mapiate wuru maranite (Saya senang karena jalan telah dibuat, membawa kopra dari kebun sudah bagus dan dekat," ujar Opa Yakob dengan bahasa Talaud yang dominan, Rabu (27/2/2019).

Meski usianya tak lagi muda, namun pria tersebut tetap menunjukan semangat yang tinggi, seakan ingin menunjukkan bahwa dirinya masih bertenaga dan tak ingin kalah kemampuan fisik dengan para tentara yang berumur muda.

Sebelum pulang makan siang, Opa Yakob menyempatkan diri untuk naik pohon kelapa yang air buahnya akan dijadikan penghilang dahaga saya, dan para personil matra darat yang tengah beristirahat sejenak melepas penat.

Di tengah perjalanan pulang, Ia beberapa kali mengulangi apresiasi yang sama atas atensi TNI lewat program TMMD yang dinilai sangat membantu masyarakat Rusoh.

Diketahui, usai membersihkan lokasi pembangunan fasum, Pekerjaan personil Satgas TMMD akan dilanjutkan dengan penggalian pondasi bangunan. (Red).
 
Top