mediaterobos.com Padang Aro-  Ketua TP PKK Kabupaten Solok Selatan (Solsel) Ny Suriati Muzni di nobatkan jadi Bunda Data pada Pengukuhan pengurus kecamatan da HUT Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia (FOPPSI) di Aula Sarantau Sasurambi, Kantor setempat, Kamis siang (31/1).

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami sebagai bunda data, menjadi bunda ini tentunya akan menambah anak. Insyaallah kami siap membantu,”ujar Suriati Muzni.

Dijelaskan, bunda data akan siap membantu para operator, dimana bunda merupakan orang tua dan dianggap sebagai tempat mengadu.

“Dengan adanya forum ini akan membentuk dampak positif, terutama bagi dunia pendidikan Solsel,”ungkapnya.

Kepada para kepala sekolah, ia meminta agar memperhatikan kesejahteraan para operator. Hal ini tentunya diharapkan kedepannya mereka memiliki penghasilan yang sama dengan kabupaten lain.

“Jika dibandingkan dengan daerah lain, operator di daerah lain sudah jauh sejahtera, bahkan ada yang membayar honornya sesuai Upah Minimum Regional (UMR),” katanya.

Pada kesempatan itu, Bupati Solsel melalui Sekretaris Daerah H Yulian Efi mengatakan, saat ini kita sudah memakai sistem elektronika dimana mengirim data sudah secara online.

“Berikan pelayanan data yang transparan agar data itu benar, jika data salah ini berdampak tidak baik,” katanya.

Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan, Ridwan menyebutkan, Pentingnya dapodik, jika ini macet, maka operasional sekolah juga macet, demikian juga dengan gaji.

Posisi operator di sekolah, terkadang tidak lebih dari seorang pembantu, hal ini karena selalu mengantikan yang tidak hadir, seperti guru, bendahara bahkan pesuruh sekolah.

 Mari kita menggiring dan terus berusaha agar keberadaan operator ini menjadi satu yang diperlukan dan memiliki penghasilan yang mumpuni. (Bus/men)
 
Top