PARIWARA PEMKAB SOLOK SELATAN
Kabupaten Solok Selatan 7 Januari 2019 adalah hari kelahiran Kabupaten Solok Selatan. Kabupaten yang terletak di bagian paling timur Provinsi Sumatera Barat ini diresmikan tepatnya pada tahun 2004. Itu artinya pada tahun 2019 sekarang Kabupaten Solok Selatan sudah berusia 15 tahun. Selain dari masyarakat, pihak pemerintah juga ikut merayakan hari ulang tahun Solok Selatan dengan menggelar acara Silaturrahim.

Acara hari jadi Kabupaten Solok Selatan dimeriahkan oleh ribuan masyarakat Solok Selatan dengan bergembira dan bahagia karena kabupaten tersebut telah berusia 15 tahun yang lalu. Dalam peringatan itu Pemkab Solok Selatan mengangkat tema, "Bahwa dengan semangat ulang tahun kita tingkatkan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Solok Selatan Sejahtera dan Relegius."

Kabupaten yang punya spirit dan semangat "'Sarantau Sasurambi"' merupakan salah satu daerah di Sumbar dengan memiliki sumberdaya alam berlimpah, seperti kandungan emas, biji besi,dan sumber daya panas bumi yang bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan jika diolah dengan baik.

Pada acara tersebut HUT Kabupaten Solok Selatan ke 15 tahun, Bupati Solok Selatan H.Muzni Zakaria mengatakan bahwasanya perkembangan pembangunan Kabupaten Solok Selatan sudah terlaksana dengan capaian demi capaian yang sudah lebih baik. Kedepannya Bupati mengharapkan bahwasanya perkembangan pembangunan tersebut semakin lancar dan merata.

Dari tahun ke tahun Pemerintah Solok Selatan tetap mengupayakan peningkatan infrastruktur, menggenjot perekonomian dan meningkatkan sumber daya manusia seiring visi serta misi Pemerintah Daerah yang dituangkan dalam pembangunan strategis daerah.

Membangun dan memajukan ekonomi masyarakat di kabupaten ini menjadi cita cita besar pasangan Muzni-Rahman sebagai kepala daerah. Visi misi "'Sejahtera dan Religius "' sudah menunjukkan hasil yang positif . Angka kemiskinan dan pengangguran tiap tahun terus mengalami tren penurunan "kata Bupati Muzni Zakaria didampingi wakil Bupati Abdul Rahman sewaktu hajatan perayaan HUT Solsel ke 15 dihalaman Kantor Bupati  Senin (7/1).

Dipaparkan Muzni, angka kemiskinan dan pengangguran di daerahnya tahun ketahun mengalami penurunan . Ditahun 2017 lalu tingkat kemiskinan berada diangka 7,21 persen, turun dari sebelumnya diangka 7,52 persen ditahun 2015.Begitu juga angka pengangguran juga turun menjadi 5,54 persen di tahun 2017 dari 6,30 persen ditahun 2015.

Sekarang Solok Selatan masih tetap fokus untuk pengembangan sektor pariwisata untuk mengangkat popularitas Solok Selatan. Untuk itu Pemerintah Daerah mengucurkan dana belanja modal untuk Pariwisata dari APBD hingga Rp 20 miliar lebih.Muzni Zakaria salalu jemput bola melobi Pemerintah Pusat, untuk menopang pembangunan yang ditargetkan.Tahun ini kata Muzni Pemerintah Pusat mengalokasikan Rp 121 Miliar untuk infrastruktur.

Untuk itu dalam rangka peringatan hari jadi Kabupaten Solok Selatan yang ke 15 Bupati menyampaikan rasa terima kasih  serta mengajak semua elemen  masyarakat Solok Selatan agar meningkatkan peran serta dan partisipasinya dalam membangun Solok Selatan,- sebab tanpa partisipasi masyarakat, maka pembangunan yang diharapkan akan sulit tercapai. (*)

 
Top