Foto Sungai Batang Anak Lolo Sekarang Kelihatan Rapi dan Bersih

mediaterobos.com 

Solsel- Normalisasi sungai batang anak lolo yang terletak di Kecamatan koto parik gadang (KPGD), Kab. Solok Selatan, disamping pekerjaannya hampir rampung, kini sungai itu terlihat cantik, Pengerukan dan pembenahan sendimen lumpur, sudah mendekati 100 persen, penguatan tebing pada sisi kiri dan kanan sungai tertata rapi, dahulu sungai ini kotor akibat banjir bandang.

Pejabat pembuat komitmen (PPK) dinas badan penanggulan bencana (BPBD) Kab. Solok Selatan Irdahendri mengatakan,  ada dua hal yang dilakukan di sungai batang anak lolo, yakni pengerukan, pembersihan sendimen lumpur dan batuan, kemudian penguatan tebing disisi-sisi sungai berupa pemasangan batu bronjong., kata Irdahendri, Senin (19/10) di ruang kerjanya.

Ditambahkan Irdahendri, proyek ini memiliki peranan penting dalam menumbuhkan kembali kepercayaan diri masyarakat yang berdomisili di sekitar aliran sungai. Pasca banjir bandang yang melanda satu tahun yang lalu, masyarakat di seputar sungai dihantui kekhawatiran akan datangnya bencana yang  serupa. "Ini salah satu upaya pemerintah menumbuhkan kembali kepercayaan diri masyarakat di sana," katanya lagi.

Sungai batang anak lolo ini dilanda banjir bandang pada September 2017 yang lalu, tak mampunya menampung limpahan air dan lumpur yang berasal dari hulu, membuat sejumlah nagari di daerah koto parik gadang (KPGD)  terendam banjir, diperkirakan kerugian pada saat itu mencapai miliaran rupiah, sekarang pembangunan normalisasi sungai batang anak Lolo ini untuk meminimalisir debit air dimasa mendatang.

Pekerjaan normalisasi sungai batang anak lolo terus dikebut hingga selesai, sampai saat ini sudah ribuan kubik lumpur atau sendimen diangkat dari sungai anak batang itu."Lumpur atau sendimen dari normalisasi sungai batang anak lolo sudah ribuan kubik kita keluarkan dari sungai," kata Irdahendri mengakhiri.(**)

Editor: Ariel Wartawan Madya
 
Top