mediaterobos.com 

Solsel- Rencana pembangunan Menara Repeater Radio Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Saruga FM telah memasuki tahapan awal. Program pembangunan menara repeater ini akan dilaksanakan oleh Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Solok Selatan pada tahun 2019. Dalam perencanaannya, pembangunan Menara ini berlokasi di Pekonina pada ketinggian 982 MDPL dengan tinggi Menara 40 meter, titik lokasi berada di kawasan Geothermal Project Site PT. Supreme Energy. Menara repeater ini berfungsi menguatkan dan meneruskan pancaran gelombang radio yang dipancarkan dari Stasiun Pemancar Utama Saruga FM di Golden Arm yang tentu saja akan memperluas skala wilayah jangkauan siaran.

Pada hari Jumat Tanggal 23 November 2018, Bapak Drs. Syamsurizal MM. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Solok Selatan dan Ibu Asniati, S. Pd, M. Pd. selaku Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Solok Selatan beserta satu orang staf melakukan peninjauan lokasi sekaligus pertemuan dengan Bapak Bujang Joan Dt. Panyalai yang merupakan Field Representative PT. Supreme Energy. Pertemuan dengan suasana kekeluargaan yang kental tersebut berlangsung sekitar dua jam di Kantor PT. Supreme Energy, Pekonina. Ada beberapa poin kesepakatan yang tercapai antara kedua belah pihak dalam pertemuan tersebut. Dimana pada dasarnya PT. Supreme Energy bersedia memberikan dukungan kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Solok Selatan dalam program ini. Dalam penjelasan yang disampaikan oleh Bapak Bujang Joan, pihak perusahaan akan berupaya memberikan supply listrik (Electrical Power) untuk operasional Menara repeater tersebut.


“Kami adalah bagian dari Kabupaten Solok Selatan, keberadaan kami di sini tentu saja harus bisa memberikan nilai tambah dalam memajukan daerah ini, untuk masalah power akan kami usahakan bantu”, begitu penuturannya.

Beliau juga menambahkan bahwa perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional mulai dari project, commissioning sampai proses produksi, dibantu oleh Lembaga Keuangan berskala internasional seperti Bank Dunia yang dalam hal pemberian bantuan menerapkan regulasi kepada perusahaan agar mampu meberikan kontribusi positif pada daerah/lingkungan dimana perusahaan tersebut beroperasi. Dukungan berupa penyediaan suplai listrik untuk Menara ini tentu seirama dengan hal di atas.

Pembangunan menara ini diharapkan mampu memperluas wilayah jangkauan siaran Radio Saruga FM, terutama untuk daerah Muaralabuh dan sekitarnya yang saat ini masih belum terjangkau maksimal.(*)

Sumber:  Saruga FM


 
Top