mediaterobos.com 

Solsel- Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat bersama DPRD mengesahkan APBD perubahan 2018 sebesar Rp8431,4 miliar setelah melakukan pembahasan yang alot selama tiga hari pada sidang Paripurna DPRD, di Padang, Sabtu.

Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman di Padang Aro, Minggu, mengatakan Ranperda Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten itu Tahun Anggaran 2018 telah disepakati bersama pada Rapat Paripurna DPRD berjumlah Rp831,4 miliar atau mengalami kenaikan sebesar 2,36 persen dari APBD awal sebesar yang hanya Rp 812,2 miliar.

"Kepala perangkat daerah harus optimal dan bersungguh-sungguh dan berpedoman pada prinsip efisien dan ekonomis dalam mengelola pengeluaran anggaran belanja serta selalu berpedoman kepada ketentuan dan peraturan yang berlaku," ujarnya.

Ia mengapresiasi eksekutif dan legislatif yang bisa menyelesaikan pembahasan kendati materi yang padat hingga larut malam.

Karena kesungguhan semua pihak katanya, akhirnya dapat menuntaskan pembahasan Ranperda ini sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan.

Ia juga mengingatkan agar semua kegiatan yang terprogram benar-benar dapat bermanfaat bagi masyarakat yang ada di Solok Selatan dalam rangka peningkatan kinerja pemerintah pada masa yang akan datang.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Solok Selatan Irwanesa mengatakan banyak faktor yang mempengaruhi besaran angka APBD perubahan tahun ini.

Faktor tersebut katanya, turunnya Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik, perbedaan perkiraan SILPA tahun lalu, serta perkiraan PAD yang didapat.

Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Sidik Ilyas yang baru saja aktif setelah cuti melaksanakan ibadah haji didampingi Wakil Ketua Ali Sabri Abbas dan Armen Syahjohan.

Sedangkan Paripurna Pengambilan keputusan terhadap Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS), rapat dipimpin oleh Pelaksana tugas Ketua DPRD Martius.

Sumber: Antara Sumbar
 
Top