mediaterobos.com 

Solsel- Palang Merah Indonesia (PMI) Solok Selatan, Sumatera Barat, menggalang dana untuk membantu korban gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

"Selain pengalangan dana kami juga mengumpulkan pakaian layak pakai untuk para korban dan kegiatan ini sudah dimulai sejak Rabu (3/10) hingga lima belas hari ke depan," kata Ketua PMI Solok Selatan, Abdul Rahman di Padang Aro, Jumat.

Penggalangan dana ini bertujuan untuk meringankan beban korban bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah, sebab saat ini mereka sangat membutuhkan bantuan.

Dia menyebutkan penggalangan bantuan ini menyasar pusat keramaian, pasar tradisional, sekolah, perusahaan, pengusaha, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada lingkup Pemkab Solok Selatan, serta instansi vertikal dan perbankan.

Untuk penggalangan dana pihakya menurunkan 30 personel yang bertugas di lapangan, selama lima belas hari ke depan.

Sampai saat ini dana yang terkumpul sekitar Rp4 juta dan bagi masyarakat yang ingin membantu bisa langsung datang ke Sekretariat PMI Solok Selatan di samping kantor bupati di Timbulun.

Menurut dia, saat ini kondisi di lokasi bencana sangat memprihatikan dan kondisinya lebih parah lagi dari gempa dan tsunami Aceh, sebab di Sulawesi Tengah juga terjadi pergerakan tanah yang menenggelamkan ribuan rumah masyarakat.

"Bahkan ada satu daerah saat ini tenggelam ke dasar tanah dan belum diketahui jumlah korban yang hilang," katanya.

Korban bencana saat ini katanya, sangat membutuhkan bantuan langsung berupa makanan, pakaian dan obat-obatan dan dana yang terkumpul ini, bisa dipergunakan untuk itu.

"Kita berharap penggalangan ini, membuahkan hasil yang signifikan sehingga dapat meringankan beban korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala," ujarnya. (*)


Sumber: Antaranews Sumbar
 
Top