mediaterobos.com 

Solsel- Penyelenggaraan Pekan Dukcapil Sumatera Barat tahun ini akan dilaksanakan di Kabupaten Solok Selatan dengan fokus rekam dan cetak KTP elektronik.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Solok Selatan Epi Yandri saat dihubungi di Padang, Kamis mengatakan, Pekan Dukcapil yang digelar selama empat hari, 8-11 November 2018, dalam rangka menyukseskan pemilihan umum 2019.

"Fokus adalah rekam dan cetak KTP-el yang akan dilakukan di 20 lokasi pada tiga kecamatan. Setiap lokasi di nagari," ujarnya.

Ke-20 titik itu, yakni Kecamatan Sungai Pagu pada 11 lokasi (nagari), Pauh Duo empat nagari dan Koto Parik Gadang Diateh empat nagari.

"Sementara titik yang ke 20 berada di RTH Muaralabuh," ujarnya.

Perekaman di RTH melayani seluruh warga yang berada di lokasi perekaman tersebut.

Sasaran rekam dan cetak KTP elektronik pada Pekan Dukcapil ini, sebutnya merupakan masyarakat yang belum melakukan perekaman KTP elektronik.

Hingga 18 September, sebutnya jumlah warga yang belum rekam KTP elektroni di tiga kecamatan yang menjadi lokasi Pekan Dukcapil sebanyak 10.117 warga.

incian warga yang belum rekam cetak tersebut, yakni Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh 5.387 jiwa, Sungai Pagu 2.675 jiwa dan Pauh Duo 2.055 jiwa.

"Rekan-rekan dari 19 kabupaten/kota bertekad melakukan perekaman 100 persen di lokasi perekaman," ujarnya.

Dalam menyukseskan Pekan Dukcapil tersebut, katanya pihaknya akan menggelar pertemuan dengan camat, wali nagari, kepala jorong untuk melakukan sosialisasi.

"Dalam pertemuan nanti membahas bagaimana mendatangkan masyarakat dalam perekaman tersebut," ujarnya.

Saat melakukan perekaman, sebut akan disesuaikan dengan kondisi masyarakat setempat. "Jika memang masyarakat bisanya sore sampai malam, maka perekaman akan dilakukan pada waktu itu," ujarnya. (*)

Sumber; Antaranews Sumbar
 
Top