Foto: Humas Pemkab Solsel

mediaterobos.com 

Solsel- Menindaklanjuti hasil rapat Menko Kemaritiman, Mentri PU&PR, Gubernur Sumbar, Bupati Solsel, dan sejumlah kepada daerah lainnya di Jakarta beberapa waktu lalu, Menko langsung perintahkan Deputi Bidang Infrastruktur Kemenko Kemaritiman, Ridwan Djamaludin beserta Asdep dan staf lainnya, untuk melakukan kunjungan lapangan ke Solok Selatan, Sabtu 27/10/18.

Salah satu titik yang dikunjungi adalah rencana ruas jalan yang akan mempermudah akses Solok Selatan menuju jalan lintas Sumatera di Dharmasraya melalui Abai - Lubuk Ulang Aling.

Ruas jalan propinsi ini sendiri menurut Deputi masuk kepada prioritas untuk dilakukan peningkatan jalannya melalui Kementrian PU&PR. Namun beliau tidak mengetahui pasti berapa jumlah anggaran yang akan dialokasikan ke ruas jalan tersebut karena urusan penganggaran ada di Kementrian PUPR.

"Untuk nominalnya, Kementrian PU&PR yang lebih paham. Karena usulan banyak tentu anggarannya akan dibagi-bagi, yang jelas ini masuk daftar prioritas," jelasnya.

Disamping ruas jalan tersebut, pada pembicaraan di kementrian kemaritiman kemaren termasuk disinggung juga pembangunan ruas jalan di beberapa titik lainnya yang akan mempermudah akses Solok Selatan ke beberapa daerah tetangga yaitu jalan Sungai Sungkai ke Sungai Rumbai Darmasraya dan jalan Taluak Air Putih, Tandai ke Simpang PB terus ke kilometer 44 Muaro Bungo Jambi.

"Yang jelas, peningkatan akses ini sangat kita perlukan untuk kemajuan sebuah daerah," ungkap Bupati Solsel, H. Muzni Zakaria, ketika mendampingi Deputi Ridwan ke Sangir Batang Hari.

Disamping meninjau ruas jalan tersebut, Ridwan juga mendengarkan ekspose dari tokoh masyarakat DR. Kardiman di Kantor Wali Nagari Dusun Tangah Kec. Sangir Batang Hari, singgah di rencana lokasi bandar udara yang diusulkan, mengunjungi proyek investasi panas bumi Supreme Energy, serta singgah di Kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG).

Mengenai rencana pembangunan bandara udara, pihaknya akan mencoba mendalami, ia minta pemda menyiapkan bahan secara mendetail dan mengikuti prosedur sesuai regulasi yang berlaku.

"Usulannya sudah bagus, saya minta pendalaman kajian nya dan siapkan pengusulan," tukasnya.

Turut mendampingi Sekdakab H. Yulian Efi, Asisten Administrasi Umum Amdani, Camat SBH, OPD terkait, DR. Kardiman, serta pihak dari Supreme Energy. (hms/men)
 
Top