mediaterobos.com 

Solsel- Gempa bumi yang melanda berbagai wilayah di Lombok, Nusa Tenggara Barat dengan kekuatan 6,9 SR membuat berbagai daerah turut membantu meringankan penderitaan masyarakat disana. Termasuk Pemkab Solok Selatan juga turut memberikan bantuannya ke daerah yang terkena dampak tersebut. Salah satu wilayah yang terkena dampak yang paling parah adalah Kab. Lombok Utara.

Baru-baru ini, Pemkab Solok Selatan juga turut menyalurkan bantuan kepada Pemkab Lombok Utara, Jum'at 5/9/18, yang dihimpun dari masyarakat dan juga kalangan ASN. Bantuan yang diantarkan Asisten Adminstrasi Umum Pemkab Solsel, Amdani, SE, M.Si tersebut diterima langsung oleh Sekdakab Lombok Utara, Drs. H. Suardi, MH.

Sekdakab Lombok Utara menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan dan perhatian yang telah diberikan masyarakat dan Pemkab Solsel atas musibah yang menimpa mereka.

"Terima kasih atas bantuan yang telah diberikan Pemkab Solsel. Seberapapun besarnya bantuan yang diberikan sangatlah berharga bagi masyarakat kami disini," ujarnya.

Sekdakab juga menjelaskan bahwa hingga saat ini para pengungsi masih tidur di berbagai tenda-tenda darurat. Ia juga menjelaskan bahwa 80% bangunan di kabupaten tersebut terkena dampak gempa "Kantor Bupati dan Mesjid Raya disini juga datar dengan tanah," ujarnya.

Menurut Asisten Administrasi Umum, Amdani, daerah Lombok Utara menjadi daerah terparah terkena dampak gempa. Sebagian besar bangunan disana runtuh rata dengan tanah. Dari penjelasan yang ia dapatkan, sebagian besar kantor pemerintah juga runtuh. Hanya 5 kantor OPD yang bisa difungsikan dari 30 kantor OPD yang ada. 

"Bahkan ketika menyerahkan bantuan, terlihat Sekdakab Lombok Utara tersebut berkantor disebuah kontainer," terang Amdani yang didampingi Kasubag Kesra, Buya Hadiral, ketika menyerahkan bantuan senilai Rp 70 juta tersebut.

"Dari segi besarnya nilai bantuan mungkin tidaklah terlalu besar, tapi inilah bentuk rasa simpati dan duka kami di Solok Selatan terhadap musibah yang menimpa saudara-saudara di Lombok Utara ini," jelasnya.

Terpisah Sekdakab Solsel H. Yulian Efi menjelaskan bahwa sesuai arahan Bapak Bupati dan Wabup, Pemkab Solsel terus melakukan penggalangan dana untuk korban bencana gempa dan juga tsunami.
"Saat ini proses penghimpunan bantuan terus kita lakukan, baik melalui OPD, Nagari, dan sumber lainnya," jelasnya.

"Kita akan pantau terus, termasuk bantuan yang akan segera kita serahkan untuk masyarakat di Palu dan sekitarnya," tukasnya.(**)
 
Top