Solsel,mediaterobos.co-Jajaran Satlantas Polres Solok Selatan 'menggelar aksi peduli' memperbaiki jalan. Sejumlah titik jalan yang mengalami kerusakan di Jalan Nasional yang menghubungkan Padang Aro Solok Selatan dengan Kabupaten Kerinci, Jambi, mereka 'poles'. Jalan berlubang, ditimbun. Batu-batu yang menghalangi jalan, dibersihkan.

Aksi kepedulian yang dipimpin lansung Kasat Lantas Polres Solok Selatan, Iptu. Mardianto, SH., tersebut bertujuan mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat jalan rusak. "Ini merupakan aksi kepedulian untuk pengguna jalan raya," kata Mardianto kepada Singgalang, Jumat (3/8) di daerah Sikinjang Kenagarian Lubuk Gadang.

Dikatakan Mardianto, sementara ini aksi kepedulian yang dilakukan masih untuk titik-titik jalan rusak ringan yang berlokasi di daerah keramaian. "Sementara diprioritaskan pada titik-titik jalan yang berada dekat dengan sekolah," jelasnya. Mengingat aktivitas pengguna jalan pada lokasi tersebut, sangat padat pada waktu pagi ketika siswa masuk sekolah dan siang hari ketika pulang sekolah. Kondisi jalan rusak di lokasi tersebut, berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Pantauan media terhadap pelaksanaan aksi kepedulian jajaran Satlantas Polres Solok Selatan di depan SD N 02 Sikinjang, yang melakukan penimbunan jalan berlobang dengan menggunakan material batu-batu kecil dan kerikil, mendapat banyak simpati masyarakat. Sejumlah warga yang berada di lokasi, terlihat secara sukarela membantu petugas yang bekerja.

Salah seorang warga Sikinjang, Hendri (38 th), mengungkapkan bahwa aksi perbaikan jalan oleh jajaran Satlantas tersebut akan sangat membantu pengguna jalan. Dirinya yang setiap hari melewati jalan di depan sekolah itu untuk berangkat kerja, selalu terhadap antrian kendaraan yang tidak bisa melaju karena adanya jalan rusak di sana. "Rusaknya sudah lebih dari enam bulan. Tapi belum ada pihak terkait yang memperbaikinya. Baru hari ini ada gotong royong dari polisi untuk menimbun jalan berlobang itu," tutur Hendri. Dia berharap, kedepannya perbaikan jalan bisa dilakukan secara permanen oleh pihak terkait. " Sebagai penanganan sementara, aksi polisi Solok Selatan ini pantas mendapatkan dua jempol," katanya.
Sumber Singgalang
 
Top