Solsel- Ratusan warga Jorong Sukabhakti, Nagari Lubuk Gadang, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang mayoritas suku Jawa menggelar tradisi sedekah bumi sebagai bentuk rasa syukur atas panen pertanian yang melimpah, pada Sabtu.

Panitia Pelaksana kegiatan sedekah bumi, Rusman, di Padang Aro, mengatakan,kegiatan ini selalu dilaksanakan sebelum hari raya Idul Adha dan rutin digelar setiap tahun.

"Tiap tahun jelang Idul Adha kami selalu melaksanakan sedekah bumi dan hari ini merupakan yang ke 73 kali sama dengan umur kemerdekaan RI," katanya.

Dia mengatakan, ada ratusan kilogram hasil pertanian yang akan diperebutkan pada kegiatan ini dan semuanya merupakan disumbangkan masyarakat setempat.

Tahun ini ujarnya, ada empat gunungan hasil pertanian yang diarak keliling kampung dan berakhir di balai desa yang kemudian diperebutkan warga.

Sesampainya di balai desa warga langsung menyerbu dan mengambil apa saja yang ada pada gunungan sedekah bumi tersebut.

Pada gunungan sedekah bumi itu, terdapat berbagai macam hasil bumi dan hasil perkebunan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kelapa, cabai, terong, buah kopi, pinang, padi dan lainnya.

Menurut kepercayaan dari turun-temurun katanya, siapa yang mendapatkan hasil dari gunungan sedekah bumi tersebut akan mendapatkan keberkahan.

Prosesi sedekah bumi juga dimeriahkan pertunjukan kesenian tradisional seperti, wayang kulit, kuda lumping, dan hiburan rakyat lainnya.

"Kegiatan ini akan berlangsung selama empat hari," katanya.

Sementara, Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman yang hadir pada kegiatan tersebut mengatakan, selain jadi tradisi dan budaya warga sekitar dan juga menjadi kekayaan dan keberagaman budaya yang ada.

"Kegiatan seperti ini patut dilestarikan karena bisa mengangkat budaya dan tradisi dengan keragaman dan harus masuk kedalam agenda tahunan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sebagai kearifan lokal," ujarnya.

Kedepan, Pemkab Solok Selatan akan mendukung penuh kegiatan tahunan yang digelar warga ini dan dijadikan agenda tahunan.

Sedekah bumi juga sebagai jalinan untuk mempererat tali silaturahim sesama warga karena, seluruh warga berkumpul dan saling berinteraksi.(*)

Sumber Antara Sumbar 
 
Top