Padangpariaman, mediaterobos.com- Satu unit dump truk pengangkut pasir, terjebak saat memuat pasir di aliran sungai Batang Ulakan di Jembatan Jariang Korong Pulau Aie Nagari Pauh kambar Nan Sabaris,

Saat itu sore, hujan mulai turun  di hulu sungai sehingga aliran air semakin deras dan volume sungai bertambah sehingga merendam sebagian badan Truk.
     
Supir truk bernama Wan warga Kampung Galapuang, Ulakan Tapakis, menyadari kondisi air sungai yang kian meninggi lantas melakukan evakuasi truk ke daratan. Namun, saat itu mesin truk yang mulai direndam air, mogok.

"Saat dihidupkan agak susah karena mesin terkena cipratan air sungai. Saat supir berupaya menghidupkan truk, air terus meluap hingga merendam dua pertiga truk," terang salah seorang saksi Bujang, warga setempat. 

Dengan dibantu warga setempat, truk sarat muatan pasir itu diikatkan dengan rantai besi.

Hingga pukul 18.30 WIB, debit air alian Sungai Batang Ulakan di Korong Pulau Aie terus meningkat. Penambahan debit air diprediksi terus meluap hingga mencapai daratan warung kopi yang ada di pinggir sungai.

"Malam nanti mungkin airnya terus bertambah, truk akan terendam semuanya. Tapi karena sudah diikat dengan rantai besi dan bermuatan, truk tidak akan terbawa arus," sebutnya.
 
Top