Agam,mediaterobos.com-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Agam melalui Komisi I laksanakan
kunjungan kerja (kunker) kekantor Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat. Kunjungan kerja tersebut itu dilakukan guna untuk koordinasi serta sharing terkait dengan pembentukan Perda inisiatif DPRD Agam yaitu ranperda Bamus Nagari dan Trantibum.

Rombongan Komisi I DPRD Agam yang dipimpin oleh Ketua Komisi I Feri Adrianto itu, disambut langsung oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Unan Pribadi, didampingi Kabid Hukum Febriandi dan tim dari Kemenkumham, di Kantor Kanwil Kemenkumham Sumbar, Rabu (11/7). 

Ketua Komisi I DPRD Agam, Feri Adrianto menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk melakukan koordinasi serta mencari informasi terkait dengan naskah akademik pembentukan Perda Bamus Nagari dan Trantibum Nagari. 

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Unan Pribadi mengucapkan terima kasih kepada DPRD Agam karena telah memberikan kepercayaan kepada Kemenkumham untuk menjadi perancang dalam membuat ranperda. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak DPRD Agam karena telah memberikan kepercayaan kepada kami sebagai perancang ranperda. Terkait dengan pembentukan produk hukum di daerah dengan adanya perancang maka itu akan sangat membantu untuk membentuk ranperda," kata Unan.

Feri Adrianto mengatakan Bamus di Kabupaten Agam belum melaksanakan fungsinya dengan maksimal. Ia berharap untuk naskah akademik ranperda Bamus Nagari ini bisa diterima secepatnya sebelum jadwal pembahasan selanjutnya. 

"Sedangkan Ranperda trantibum dibentuk berdasarkan amanat UU trantib, karena tidak ada secara khusus perda yang mengatur perda tentang trantib ini dan belum ada pembahasan dari Pemda, maka kami dari legislatif berinisiatif untuk membentuk perda ini," kata Ketua Komisi I DPRD Agam itu. 


Ketua Komisi II Dprd Kabupaten Agam Jondra Marjaya dalam sambutannya maksud dan tujuan kunjungan ini adalah untuk mencari referensi dan informasi tentang Strategi Perlindungan serta Pembinaan UMKM di daerah .

Kunjungan Komisi II Dprd Agam ke Dinas Koperasi  UMKM Propinsi Sumbar turut hadir wakil ketua Dprd Agam Lazuardi Erman,SH ,Suharman serta anggota Komisi II Dprd Agam  ,pendamping Komisi serta Humas Dprd Agam Hasneril .

Rombongan diterima oleh Junaidi,S.Kom.MM., Kabid Pengawasan,Ir Nasrizal Kabid PUMKM dan Donny Ubani.SE.MM., Junaidi menyebutkan Dinas Koperasi  UMKM  Propinsi Sumatera  tahun 2016-2021 punya VISI terwujudnya koperasi dan UMKM yang berdaya saing sebagai Basis Perekonomian Daerah untuk menghadapi pasar global ,serta MISI meningkatkan kualitas kelembagaan Koperasi ,meningkatkan kinerja Koperasi dalam mengelola potensi ekonomi dan usaha simpan pinjam serta meningkatkan kapasitas dan daya saing UMKM.

Wakil ketua Dprd  Agam Suharman meminta kepada Pemerintah Propinsi khususnya dinas Koperasi UMKM untuk memberi perhatian khusus kepada pelaku Koperasi UMKM yang ada  di Kabupaten Agam,Zul Ikhsan menambahkan di Sumatera Barat dari tahun ke tahun pelaku UMKM terus meningkat ,kita juga melihat pelaku UMKM tersebut masih banyak yang belum tergabung dalam koperasi ,Dinas Koperasi Sumatera Barat  perlu memberi dorongan dan sosialisasi serta pelatihan  kepada pelaku UMKM untuk bergabung dengan Koperasi, selama ini kalau dilihat pelatihan yang diberikan hanya kepada Koperasi Yang sudah berbadan hukum saja padahal koperasi yang tidak berbadan hukum sangat banyak, 

Kabid Pengawasan Koperasi UMKM Sumatera Barat Junaidi  yang dinamakan Koperasi itu adalah yang berbadan hukum kalau belum berbadan hukum namannya Pra koperasi ,sebelum tahun 2018 Pra Koperasi juga diberikan  pelatihan tapi sekarang tidak  ada lagi , untuk pembuatan Badan hukum koperasi diberikan bsntuan oleh  Kementerian Koperasi yang ditargetkan untuk 100 Koperasi  tapi yang mendaftar hanya 5 Koperasi.

Dinas Koperasi  UMKM Propinsi Sumatera Barat mengatakan  untuk penunjang UMKM di Kabupaten Kota juga perlu dilihat dari sisi  pariwisatanya  seperti pembebasan lahan ,jalan menuju tempat pelaku usaha UMKM  ,itu harapan kepada Pemerintah Kabupaten Kota supaya memperhatikan hal tersebut.

Jondra Marjaya  mengucapkan terima kasih kepada Dinas Koperasi UMKM Propinsi  yang telah menerima kunjungan komisi II Dprd Agam.(ril/tbs)
 
Top