Solsel- Jamaah calon haji Solok Selatan, Sumatera Barat, yang tergabung dalam kloter 14 bersama Kota Padang dan Kabupaten Limapuluh Kota akan memasuki asrama haji pada Senin (30/7) dan besoknya diberangkatkan menuju tanah suci.

Kepala Kantor Kementerian Agama Solok Selatan, Syahrul saat pelepasan jamaah calon haji di Padang Aro, Kamis, mengatakan calon haji atas nama Siasam (78) menjadi jamaah tertua dari kabupaten itu dan paling muda Arman (37).

"Sebanyak 38 jamah calon haji sudah diberikan perbekalan melalui manasik secara mandiri, dan yang dibiayai pemerintah," katanya.

Dia mengatakan, sesuai jadwal jamaah calon haji Solok Selatan masuk asrama haji pada Senin (30/7) pukul 22.00 Wib.

Akan tetapi peluang masuk lebih cepat ke asrama bisa dilakukan karena sebelum dari Solok Selatan itu jamaah Bengkulu dan mereka tidak masuk asrama haji karena berangkat dari Bengkulu langsung ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM)

"Jamah dari Bengkulu menunggu keberanglatan di BIM sehingga kita yang dari Solok Selatan bisa masuk pukul 20.00 Wib," katanya..

Jamaah calon haji Solok Selatan masuk gelombang kedua sehingga langsung ke Mekah.

Dia mengimbau, jamaah calon haji tidak lagi membawa perbekalan seperti beras, ikan atau cabai ke tanah suci sebab makan sudah disediakan.

"Sekarang jamaah haji memasak dan mencari makan hanya selama enam hari selebihnya disediakan jadi tidak perlu bawa makanan lagi," katanya.

Sedangkan untuk enam hari tersebut katanya, sudah diberikan uang sekitar Rp5 jutaan yang bisa digunakan dan anggap saja itu untuk beramal selama menjalankan ibadah.

Selain itu saat menjalankan ibadah haji jamaah juga diberi sepatu dan payung serta pemandu.

Jamaah haji Solok Selatan kembali pada 11 Seprember tapi bisa saja berbah kalau ada perubahan kepulangan pada kloter pertama.

Jamah calon haji saat ditanah suci diImbau untuk fokus dan jaga kesehatan selama beribadah serta luruskan niat.

Selain itu jamah juga diimbau untuk membangun rasa kebersamaan karena disana akan senasib jadi harus saling membantu.

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria berharap jamah calon haji mendoakan daerah saat berada ditanah suci agar perekonomiannya meningkat.

"Doakan juga agar pembangunan masjid agung berjalan lancar supaya cita-cita religius bisa diwujudkan," katanya.

Dia mengimbau, jamah calon haji untum tidam terburu-buru dalam menjalankan ibadah saat di tanah suci agar lebih fokus.

"Jamaah jangan lupa jaga kesehatan dan perbanyak minum air putih," katanya.

Yang menjadi Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) Solok Selatan tahun ini adalah ketua DPRD Solok Selatan, Sidik Ilyas. (*)

Sumber Antara Sumbar
 
Top