solosel- Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan akan memprioritaskan pembangunan jalan dari Abai Kabupaten Solok Selatan hingga ke Pulau Punjung, Dharmasraya untuk membebaskan daerah-daerah yang dilintasi dari keterisoliran. 

"Usulan pembangunan jalan tersebut telah masuk ke Kemenko Maritim dan telah dikomunikasikan oleh Menko ke Menteri PUPR untuk diprioritaskan dengan jumlah anggaran sebesar Rp196 miliar," katanya saat melakukan kunjungan kerja ke Nagari Lubuk Ulang Aling Tengah, Kecamatan Sangir Batang Hari, Senin (30/7).

Ia meminta Pemerintah Kabupaten Solok Selatan segera membuatkan peta jalan di Lubuk Ulang Aling Tengah lengkap dengan jumlah penduduk serta kebutuhan tower jaringan untuk diusulkan kembali ke kementerian terkait.

Selain melihat kondisi jalan Nasrul Abit juga melihat kondisi kesehatan masyarakat di daerah terisolir di Solok Selatan.

Sebanyak lima orang dokter spesialis diturunkan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Lubuk Ulang Aling Tengah.

Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman mengatakan sejak lima tahun lalu pemerintah kabupaten sudah membuka jalan ini, dan telah dilakukan pengerasan. Namun karena berpindah status dari jalan kabupaten menjadi jalan provinsi, maka jalan tersebut kurang perawatan.

"Kami sudah mengaspal jalan dari Abai hingga Trans Dusun Tangah dan di Kampung Baru (perbatasan dengan Dharmasraya) sepanjang lima kilometer," katanya.

Selain infrastruktur jalan, katanya, masyarakat Lubuk Ulang Aling Tengah juga membutuhkan tower telekomunikasi, sedangkan untuk listrik tahun ini masyarakat telah menikmati.

Untuk tower telekomunikasi pemda telah mengusulkan ke Kementerian Kominfo sebanyak lima titik, namun hanya tiga titik yang disetujui dan tahun ini akan dilakukan pembangunannya.

Tiga titik lokasi yang akan dibangun tower komunikasi yaitu Muaro Sangir, Talantam, dan Trans Dusun Tangah.

Wali Nagari Lubuk Ulang Aling Tengah Yunidas berharap infrastruktur jalan di Lubuk Ulang Aling tengah bisa ditingkatkan kualitasnya.

"Kami sangat mengharapkan peningkatan jalan ini agar akses masyarakat lancar," ujarnya. (*)

Sumber Antara Sumbar
 
Top