Solok Selatan, mediaterobos- Cinderamata termasuk produk penting dalam memajukan industri pariwisata. Kehadiran cinderamata tidak dapat dipisahkan dari dunia pariwisata dan kebudayaan lokal. Wisatawan dapat mempelajari kebudayaan daerah melalui Cindera mata.

Pegiat wisata Sumbar Yulnofrins Napilus mengajak masyarakat Solok Selatan untuk membuat cenderamata karena diminati dan secara tidak langsung sudah mempromosikan destinasi. Ia juga mendorong pemerintah setempat agar lebih banyak lagi memberikan pembinaan kepada masyarakat terutama sekitar destinasi untuk menyediakan cendramata.

"Kalau perlu dibina beberapa sampai berhasil dan bisa menjadi contoh bagi yang lainnya, karena terkadang masyarakat butuh itu untuk memulai," ujarnya.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Budaya Solok Selatan Deny Yuliandra mengatakan, tahun lalu sudah dilakukan pelatihan terhadap masyarakat untuk pembuatan souvenir.

Akan tetapi katanya, kelanjutannya tahun ini tidak bisa dilaksanakan sebab anggarannya tidak tersedia.

"Rencana pelatihan serupa kami lakukan tahun ini tetapi karena tidak ada anggarannya terpaksa dibatalkan," ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Perindagkop dan UKM Solok Selatan Azizah Mutia mengatakan, melalui APBD tahun ini memang tidak ada bantuan pembinaan ataupun pembuatan cendramata.
 
Top