Solok Selatan, mediaterobos.com- Wakil Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat Abdul Rahman perintahkan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) harus memberi kemudahan kepada masyarakat.

Menurutnya, tugas utama Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya tidak hanya di jam kerja tetapi bisa juga diluar jam kerjanya.

"Semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) wajib berkontribusi terhadap layanan sistem ini supaya pengaduan masyarakat dapat ditindaklanjuti dengan baik", kata dia saat membuka secara resmi Sosialisasi dan Pengaplikasian LAPOR SP4N di aula Sarantah Sasurambi, di Padang Aro, Selasa.

Kepala Bagian Organisasi Setdakab Solok Selatan Wahyu Tina, menambahkan, lapor SP4N ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam menyampaikan keluhan yang mereka terima di berbagai sektor layanan publik.

Narasumber dari KemenPAN&RB Rosikhin mengatakan, sosialisasi atas pengaplikasian lapor SP4N sesuai dengan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Tujuannya untuk membangun kepercayaan masyarakat atas pelayanan publik seiring dengan harapan dan tuntutan seluruh warga negara dan penduduk tentang peningkatan pelayanan publik," ujarnya.

Selain itu juga sebagai upaya untuk mempertegas hak dan kewajiban setiap warga negara dan penduduk serta terwujudnya tanggung jawab negara dan korporasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Dia menjelaskan, ketika banyak pengaduan masyarakat terhadap satu instansi, maka belum tentu kualitas pelayanan yang dilakukan pejabat publik itu buruk begitupun sebaliknya.

namun sebaliknya setiap instasi harus memberikan layanan sebaik-baiknya dengan maksimal dan transparan sesuai prosedur sehingga masyarakat benar-benar merasa dilayani.
 
Top