Solok Selatan, mediaterobos- Rumah Gadang menjadi icon budaya Minangkabau. hingga saat ini rumah gadang masih dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat Minangkabau. bahkan tak jarang menjadi objek wisata.

Di Solok Selatan ada peninggalan Minangkabau yang dijuluki Seribu Rumah Gadang. Marni (56) mengatakan rumah gadang di Solok Selatan sudah ada sejak zaman penjajah namun baru-baru ini mendapat perhatian dari masyarakat dan orang orang yang datang ke sini. 

"Mereka ingin melihat-lihat sehingga tempat ini menjadi tempat wisata" ucapnya

tidak hanya masyarakat umum pejabat daerah pun juga ikut bertandang ke Solok Selatan. Empat kepala daerah di Sumatera Barat juga berkunjung ke kawasan saribu rumah gadang.

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria mengatakan, kedatangan Bupati Dharmasraya, Walikota Bukittinggi dan Wakil Walikota Payakumbuh ke seribu rumah gadang merupakan kehormatan tersendiri bagi Kabupaten itu.

Kepala daerah tersebut katanya, terbukti mempunyai visi yang jelas untuk kemajuan pariwisata di Sumatera Barat khususnya dan siap untuk bersinergi antara satu daerah dengan lainnya.

"Kami berempat sudah sepakat untuk memajukan pariwisata di Sumatera Barat dengan sinergitas yang baik kami yakin dalam waktu yang tidak terlalu lama, Inshaa Allah akan lahir Bali kedua di Indonesia," ujarnya.
Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, mengatakan rumah gadang yang begitu banyak di Solok Selatan merupakan aset budaya berharga yang tidak dimiliki daerah lain.

Semangat dan usaha terus menerus dari Bupati Solok Selatan hingga mendapatkan kepercayaan dari pemerintah pusat juga mendapatkan apresiasi dari Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dan mengajak masyarakat untuk mendukung proses revitalisasi.

"Beliau bolak balik ke pemerintah pusat dengan satu tujuan agar dapat memajukan Kabupaten Solok Selatan dan untuk mendapatkan kepercayaan dari pemerintah pusat itu tentu tidaklah gampang," katanya.

Turut serta dalam kunjungan tersebut Dandim 0304 Agam, Dandim 0309 Solok, Wakil Ketua DPRD Bukittinggi Yontrimansyah, Kapolres Solok Selatan AKBP Iman Yulisdianto, Wak Ketua DPRD Solok Selatan Armen Syahjohan, OPD, serta komunitas mobil Hartop.
 
Top