Solok Selatan, mediaterobos.com- Keberadaan Repeater Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) sangat membantu sekali terhadap aktivitas pendakian di gunung Kerinci. Para pendaki yang ingin melakukan pendakian dari jalur Solok Selatan tidak perlu lagi merasa was-was sebab semua aktivitas pendakian dari jalur Solok selatan akan dipantau langsung oleh RAPI.

Kerjasama Pemkab Solok dengan RAPI merupakan langkah yang sangat tepat. Para pendaki bisa dipantau dan diarahkan ke jalur pendakian agar nanti tidak ada yang tersesat selama dalam perjalanan. Selain itu jika ada para pendaki yang mengalami saki maka akan cepat diketahui dan bisa segera diantisipasi.

"Dukungan RAPI ditujukan untuk membantu wisatawan yang melakukan pendakian Gunung Kerinci agar keberadaan mereka terus terpantau, dan jika ada yang sakit atau mendapat musibah bisa cepat kita antisipasi dan kirim bantuan," kata pegiat wisata Sumbar Yulnofrins Napilus di Padang Aro, Sabtu.

Ia mengatakan jika repeater ini berjalan baik, nanti bisa dikembangkan pemanfaatannya ke destinasi lain seperti hot waterboom hingga goa batu kapal.

"Kami akan upayakan bagaimana agar semua jalur pendakian bisa dapat sinyal radio, dan harus bisa dengan HT karena tidak mungkin bawa rig yang besar, berat dan perlu antena khusus," katanya.

Jika repeater di jalur ini berjalan baik maka pendaki, pemandu, sekber Pecinta Alam, Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Pemda dan para pegiat bisa berkoordinasi dengan baik.

Sekaligus bisa memonitor perjalanan para pendaki, dan dengan adanya radio ini, akan membuat mereka lebih nyaman dalam melakukan pendakian.

"Semoga jalur pendakian Gunung Kerinci lewat Solok Selatan menjadi aman, karena didukung dengan komunikasi radio," ujarnya.
 
Top